Rabu, 12 Februari 2014

Nulis lagi..

Di usia gw yang masih bisa dibilang muda ini (atau sebenernya nggak mau dibilang tua), gw udah ngerasain hidup di dua tempat yang kebudayaannya lumayan beda. Masa kecil gw habisin di Banten dan kemudian masa puber gw jalanin di Aceh. Hal ini bikin gw ngejadiin kedua tempat ini sebagai “kampung halaman”. Hasilnya, gw ngerasa diri gw ini terlalu lembut sebagai orang Aceh dan terlalu keras kepala sebagai orang Sunda (walaupun Banten udah bukan bagian dari Jawa Barat, tapi pas gw tinggal dulu Banten masih masuk bagian Sunda).

Banyak kenalan baru di sini. Rata-rata pas gw kasih tau kalo gw kuliah di Unsyiah pada masang muka yang seolah berkata “err..dimana tuh?”. Tapi ya sudahlah.. entar juga tau..

Hampir dua minggu di sini, Sani udah nyuruh gw ke bandung aja. Sementara, dengan uang yang pas-pasan, udah bisa dipastikan gw belom bisa maen ke sana dulu. Kalo pun bisa, gw nggak bisa kemana-mana. Selain ajakan ke Bandung, Guru gw waktu SD, Pak Hasan namanya, nyuruh gw maen ke Merak, tempat gw tinggal dulu. Gw sih mau aja, cuma harus liat dompet juga pada akhirnya.

Ngomong-ngomong masalah guru SD yang satu ini, beliau deket sama gw pas kelas 5-6. Waktu itu gw dipilih untuk mewakili sekolah untuk ikutan lomba bidang studi antar sekolah. Bidang studi yang ditawarin buat gw adalah IPS. Dan waktu itu pake seleksi lagi yang karena gw nggak minat sama bidang ini, gw jadi ogah-ogahan. Akhirnya, temen gw yang lain yang ikutan di bidang IPS. Melihat gw yang kayak nggak mood, Pak Hasan nanya, “Noa, kenapa kamu nggak jawab yang bener waktu diseleksi tadi?”

“Nggak suka IPS, pak..” jawab gw dengan muka yang saat itu masih polos tanpa make up *eh

“lha..emang kamu maunya pelajaran apa?”, Pak Hasan nanya lagi kayak wartawan.

“Hmm, bahasa Indonesia seru kayaknya, Pak” kata gw ogah-ogahan.

Sebenernya Bahasa Indonesia udah dapet perwakilannya sendiri. Jadi Pak Hasan manggil temen gw yang milih bahasa Indonesia sebagai ajang tempurnya untuk diseleksi ulang. Yang ikut di bidang ini namanya Dwi (kayaknya pernah nongol di cerita gw sebelumnya). Temen deket gw. Pak Hasan langsung ngejelasin duduk persoalannya sambil berdiri.

“Ooh, mending Noa aja yang ikut pak.. saya nggak berani sebenernya ikut lomba ginian” Kata Dwi.

“eh nggak boleh gitu, Noa harus diseleksi dulu”

Dan gw ikut tes seleksinya. Ngerjain beberapa soal dan tes baca cepet. Anak sekarang ada nggak ya pelajaran baca cepet. Jadi, siswanya disuruh ngebaca sebuah cerita secepat mungkin tapi tetep dengan intonasi dan tanda baca yang ada. Makin cepet dan jelas bacanya, makin bagus. Entah karena mulut gw yang cerewet, tes baca cepet gw bener-bener cepet waktu itu. Tes tulis juga nggak masalah. Gw jadi ngegantiin Dwi di bidang Bahasa Indonesia. Dwi Seneng. Gw malah nyesel ikutan lomba.

Sebenernya, gw emang males ikutan lomba. Milih bidang bahasa Indonesia tadi juga sebenernya ngeles biar ga ikutan..tapi..tapi..aku sudah besar! Aku nggak mau pake popok lagi! Aku mau pakai celana dalam!!
Jadi rupanya gw beruntung, gw lolos sampe di tingkat provinsi. Waktu itu Banten belom pisah ranjang sama Jabar, jadi pas lomba tingkat provinsinya diadain di Bandung. Di sini gw lombanya 4 hari. Perwakilan guru dari sekolah gw waktu itu ya Pak Hasan. Selama 4 hari itu, gw dibully habis-habisan. Dari yang celana dalem gw dipamerin ke guru lain gara-gara ketinggalan di kamar mandi, sampe dibangunin buat shalat shubuh (dan gw langsung shalat) padahal masih jam 2 malem. *banting weker*

Pas kelas 6nya, gw sering disuruh ke kantor buat bantuin beliau meriksain ulangan. Dan sialnya, gw nggak pernah dapet kertas ulangan gw sendiri, kan lumayan tuh bisa bener-benerin jawaban..hehehehe..*nyengir setan*

Dan ketika gw bakal pindah ke sini, Pak Hasan minta ke emak gw buat ninggalin gw di Banten. Tinggal sama dia. Tapi karena cinta emak gw yang begitu besar, nggak dikasihin anak yang paling ganteng ini untuk tinggal sama beliau. Waktu itu gw juga bersyukur, kebayang ntar disuruh meriksain ulangan anak-anak lagi.

Tapi akhirnya gw rindu masa-masa itu.


Ternyata, kebaikan orang lain emang nggak selalu keliatan dengan jelas. Tapi efeknya bakal keliatan kok nantinya. Beberapa malah baru keliatan lama setelahnya saat gw udah mampu “berpikir” lebih dalam. Dan pas sadar dengan kebaikan yang udah dilakuin buat gw, gw jadi pengen ngebales kebaikan mereka bagaimanapun caranya dan kapanpun waktunya. Semoga aja dikasih kesempatan buat itu.. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D