Minggu, 28 Agustus 2011

Ramadhan tahun ini...

Gak kerasa dua hari lagi mau lebaran. Gw dan muslim lainnya, baik yang muslim beneran, muslim KTP maupun muslim e-KTP pasti dengan sukacita nyambut lebaran. Gimana nggak? Lebaran kan identik dengan baju baru, celana baru, lontong dan ketupat yang bergelimpangan sekalian ma daging yang udah disulap jadi opor, rendang, sate sama sendal jepit. Ok, gw gak serius sama yang terakhir.

Bulan puasa kali ini gw gak banyak nganggur. Banyak kerjaan yang bikin sibuk sampe-sampe gak sadar udah jam buka puasa. Kalo taun lalu, gw gak banyak kerjaan. Di samping kuliah, siklus kehidupan gw gak jauh dari tidur-maen game-molor-maen game-baca komik-tidur sampe buka puasa. Dan taun kemaren gw udah ngebuat kemajuan dalam bidang kemunduran yang kalo guru ngaji gw waktu SD tau, gw bakal digampar pake ikan lele : gw cuma tarawih ke mesjid 5 kali. Tapi Alhamdulillah, tahun ini nambah satu.

Di puasa kali ini, gw dapet kerjaan dari temen kampus buat ngejual aer tebu (tau gak sih? search di google aja kalo gak tau ya..gw gak mau jelasin kalo aer tebu tu aer yang dihasilkan dari tebu yang digiling dengan menggunakan mesin khusus dan diambil airnya untuk diminum). Tiap harinya tugas gw sama temen-temen lainnya : maxi, yani, ijal (bukan nama samaran) adalah ngejual aer tebu sebanyak mungkin, soalnya gaji gw berdasarkan berapa banyak aer tebu yang kejual. Lokasi jualannya strategis banget, di pinggir jalan, dekat dengan swalayan, dihiasi dengan indahnya pemandangan dengan riverside di depan halaman rumah anda..wew, udah kayak Fenny rose jualan rumah aja gw..

 
males googling ya??


Selain Maxi (namanya aneh ya? gw kira dia dapet julukannya dari singkatan "makan xiang" secara dia kalo makan siang porsinya bisa bikin penduduk Zimbabwe protes saking banyaknya. Tapi menurut pengakuan dia sendiri, Maxi adalah singkatan dari Mahrizal Sexi...mau muntah gw), dua orang lainnya gw baru kenal sejak jualan aer tebu. Yani, cewek anak Teknik Kimia yang jago banget buat kue. Gw saranin ke dia kalo nanti gak dapet kerja abis kuliah untuk buka usaha laundry aja.

Iyee, gak nyambung..nape lo?!

Yang unik si Ijal. Umurnya  beda dua tahun dari gw tapi mukanya beda lima tahun dari umurnya. gw manggilnya bang Ijal, bukan bang be-er-i atau bang be-en-i. Lucunya, gw kerja dari jam setengah tiga sampe jam tujuh dan selama itu juga gw liat mukanya cengengesan gak jelas. Nyengir sana, senyum sini, boker sana, cebok sini. Apalagi kalo udah ada cewek-cewek yang beli aer tebunya..Senyumnya yang dibanggain dia kayak Tom Cruise tapi bagi gw kayak senyum maling celana dalem diamuk massa, langsung dikeluarin. Kata dia, " Cewek itu kalo abang senyumin pasti bakal langsung jatuh hati".

Iya deh bang..jatuh hatinya..terus jatuh jantungnya..tewas..

Bos gw adalah kakaknya temen sepupu tetangga adek ipar gw. Dia yang nyediain semua keperluan buat jualan, mulai dari tebu (wajar, kami jualan air tebu bukan tali beha), mesin giling, cup, sedotan, plastik, sampe kue buat kami buka puasa. Yang susah dari jualan air tebu adalah ngejelasin ke pembeli saat mareka tanya..

1. "Kok air tebunya warna ijo? biasanya kan coklat.."

2. "empat ribu? mahal amat..dua ribu deh"

3. "Ini air tebu ya? saya maunya es kelapa"

Buat pertanyaan pertama gw biasanya ngejelasin karena terjadi oksidasi dengan oksigen jadinya air tebu yang ijo bakal berubah warnanya jadi coklat kalo dibiarin lima menit, sama kayak apel kalo dibiarin. Sumpah gw ngasal, yang nanya biasanya manggut-manggut. entah karena udah ngerti atau malah makin bingung. 


Buat yang nomor dua, biasanya gw ngeles, " Dapet es batu dan jeruk nipis lho, pak..senyum saya juga". Biasanya pembeli jadi tambah eneg buat beli.

Buat yang nomor tiga, gw langsung kasih aki mobil.

Air tebu yang warna ijo juga suka memancing keributan. Karena warnanya lebih seger dan menggoda iman orang puasa, si ijo ini langsung jadi inceran banyak pembeli. Masalahnya kayak yang gw bilang tadi, air tebu ijo cuma bertahan lima menitan doang sejak diperas airnya. Dan kalo yang request ijo banyak, gw dan yang lain bakal sibuk meres tebu lagi plus ngebungkus cepet-cepet dan langsung ngasih ke pembeli sebelum warna air tebunya jadi coklat. Kalo gak keburu, antriannya bisa ngalahin antrian bayar rekening listrik. Gw benci banget kondisi antrian pembeli yang banyak, rasanya mau gw suruh bubar aja. Kesabaran gw emank minim, susah jadi pedagang.. Padahal gw udah jelasin kalo lima menit lagi juga bakal berubah warnanya jadi coklat tapi pada ngehe ni pembeli, gak percaya sama yang gw bilang. Huh..


Dan akhirnya hari ini, masa jualan aer tebunya sudah habis. HUAAAAHAHAHAHAHA..seneng banget gw, gak ketemu sama yang minta air tebu warna ijo lagi, sama yang nyari es kelapa juga dan akhirnya juga gw bisa selamat dari ancaman diabetes (bayangin ajee, hampir sebulan gw buka puasa minum air tebu). Gw dapet gaji nyaris sejuta. Dengan gaji yang baru gw dapet ini, rencananya gw mau beli ferrari sebiji. Sisanya buat ke Bali. Oh iya, buat yang baca blog ini, gw ucapin SELAMATKAN HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H, mohon mangap lahir batin.

postingan ini gw lombain. Dari pihak sono minta di pasang foto ini :
yang izzazazo gak diitung ya..

1 komentar:

  1. nice artikel gan.
    visit balik yah http://gustav-econimics.blogspot.com/

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D