Selasa, 30 Agustus 2011

Burung itu masih bisa terbang, sayang..

Besok Lebaran. Yeeey!!, akhirnya lebaran juga setelah diundur satu hari gara-gara hilalnya gak keliatan. Gw sih nurut aja sama kata orang yang lebih ngerti. Soalnya gw juga gak tau hilal itu apaan, silahkan yang mau bilang gw bego. Kalo yang baca postingan ini tau hilal itu apa, silahkan komen di bawah..

Berhubung lagi mau lebaran, gw mau cerita tentang masalah persepakbolaan. Gw tau topiknya gak nyambung. So what?? suka-suka gw donk!

Gw enggak begitu suka dengan olahraga ini. Kalo orang satu dunia bisa gempar gara-gara world cup, gw bisa gempar dengan ukuran cup Luna Maya. Gak penting. Banyak alasan yang bikin gw gak terlalu tertarik dengan olahraga ini, di samping yang main adalah cowok (bayangkan, nonton 22 cowok berebut bola? apa asiknya?), gw juga punya pendapat kalo olahraga paling berbahaya bukanlah gulat, tapi sepak bola. paling nggak, itu menurut  pengalaman pribadi gw.

Cerita ini bermula pas gw masih SD di Jawa (sekarang gw dah dimigrasikan ke Aceh). SD gw luas banget. Di pinggiran komplek yang namanya komplek Suralaya. Komplek yang ada di perbukitan kecil. Indah dan teratur. Dan SD gw ada di kaki bukit itu.Kalo elo mau maen ke bukit ada di sebelah selatan SD. Di bukit paling atas ada hutan kecil, klo diterusin lagi ada tebing yang nyasar di tengah hutan. Disitu tempat kami latihan turun tebing pas pramuka atau sekedar jalan-jalan. Dan kalo nyebrang jalan raya (selatan) dari depan sekolah terus jalan dikit bakal ketemu yang namanya lapangan bola, jalan dikit lagi bakal sampe di pantai kelapa tujuh, berenang dikit elo bakal sampe di sumatera.

Kelapa tujuh menurut gw tempat rekreasi asik banget yang jadi tempat melepas stress kalo pulang sekolah. Banyak tempat jajanan. Malah setiap ada yang ultah, pasti dirayain di pantai ini. Pernah, ada temen yang kaya gitu. Banyak banggetz uang bapaknya. Saking gak tau dikemanain, pas ultah anaknya satu kelas ditraktir makan sepuasnya di situ. Ada yang makan somay, sate, ikan bakar ato macem-macem. Ada yang mabok ma fanta (bahkan ada yang nympur cocacola+fanta+sprite.. gak tau apa jadinya). Ada juga yang minta dibungkusin buat bawa pulang. Bapaknya yang ultah cuma senyum2 aja ngeliat temen anaknya yang sedikit barbar n banyak kanibalnya. Gw jadi mikir, apakah senyum itu tetap ada saat dia ngebayar semua tagihan yang disebabkan teman2 anaknya..

Di pantai ini juga, tempat kami latihan maen voli n renang. Tapi renang jarang dilakuin. Males basah2an. apalagi yang cewek, kalo basah kan sexi gitu..bahaya buat kesehatan mata para cowok.  Di sebelah barat, ada lapangan tennis sama lapangan basket dengan satu ring yang bisa digeser2 ma 3 orang anak SD. Sayangnya, lapangan ini lebih sering dipake maen kasti daripada tenis n basket.
Sekedar peringatan, SD gw namanya wukir retawu, dalam sebidang tanah yang gede itu SD kami berbagi lahan dengan TK condrodimuko. Pembagiannya 2/3 buat SD sisa-sisanya buat TK, dengan upeti yang harus dibayar setiap minggunya kepada pangeran Brunei.

elo tau kan gw gak serius?



Luas lapangan upacara kami sekitar15x30 m, gede banget. Sampe2 bisa dipake buat maen sepak bola tennis. Permainan olahraga baru yang diciptakan anak SD kami yang sudah bosen maen benteng2an.
Waktu tu kelas 4, ada 4A n 4B, klo gak salah gw 4A (lupa). jadi waktu tu jam olahraga. Di SD kami, olahraganya bebas, semua murid boleh ngelakuin semuan olahraga dengan fasilitas yang ada. Hampir lengkap lho. Ada tiang buat pull up, tiang buat stripper, lapangan pasir buat lompat jauh, lapangan basket, tennis ma sepak bola juga udah tersedia, bulu tangkis juga ada. Dan kalo terjun dari sumur juga masuk kategori loncat indah, mungkin pihak sekolah bakal nyediain sumur buat ambil nilai loncat indah ngegantiin praktik tiger sprong. Jadi hari tu, seperti biasa gw mau maen kasti. Sialnya gak ada temen yang mau maen kasti lagi hari itu, karena temen yang biasa bawa bola kastinya malah lupa bawa. Jadilah kami semua pergi ke lapangan sepak bola di depan jalan. Asli, gw ngerasa firasat buruk hari tu..gak enak bgt di hati, ntah mungkin karena lupa ganti celana dalam atau ada sebab lainnya. Langit pun cerah seakan mendukung suasana hatiku yang kelam waktu itu. “ahh,,sudahlah..mungkin Cuma perasaan aja” gumam sang pemeran utama. Setelah lapangan kami kuasai, tim sudah dibagi, pantat udah dicebok n jemuran sudah diangkat, kami pun kick off..
Priiiiiittt!!..
Yak,,mundur terus mas..terus.ok,..stop..
Kayak tukang parkir..
Permainan sangat panas hari itu. Untuk sementara taufik hidayat masih unggul, dan para supporter makin semangat teriak2..
Kembali ke lapangan sekolah. Gw maen jadi bek di tengah. Gw yang jarang maen bola dikasih tau sama temen klo posisi bek tugasnya menghalau bola yang datang dari depan. Pokonya klo ada musuh yang datang bawa bola, rebut bolanya, dengan kekerasan klo perlu! Di tim gw ada aris, anak yang jago bola. Sementara di tim kelas sebelah ada rifqi. Jago bola juga. Dan dialah malaikat pencabut sukma siang itu.
Agak lama maen, tim gw di atas angina. Nyerang lebih banyak daripda tim lawan. Tapi biar gitu, masih mandul dalam menciptakan gol..
Gw males bantuin lini depan. Mending duduk di tiang gawang sambil ngobrol ma kiper.Dan tiba2 di garis depan, bola yang tim kami bawa direbut ma rifqi. Langsung terjadi counter attack. Bek tinggal gw sendiri, mampus deh. Gak lama rifqi udah 5 meter di depan gw. “ahh,,pokoknya rebut bolanya”..
Gw lari kesetanan. Mau nyelametin harga diri kelas (klo ada)..
Tapi rupanya rifqi berencana memberikan tendangan langsung. Dan tendangan pun dilepaskan dengan gw yang sudah ada semeter di depan.

Bukk!!!!

Cuit..cuit..cuit…
Gw ngedenger suara burung yang sedang sakaratul maut..
Tu bola kena di tempat dengan kordinat (atas paha ; bawah perut), gw limbung. Inikah akhir dunia??
Nahan sakit, gw jatoh terduduk. Terus tiduran..
Rasa sakit yang diterima sama besarnya dengan rasa malu dan besar kemaluan. Otak brilian gw langsung nyusun rencana.
Pura pura pingsan aja!
Gw nutup mata pelan2,,n tiduran dengan nahan kepala pake tangan biar gak sakit. Temen2 yg maen bola langsung ngerubungin..

“wah, pingsan..ato mati ya?”
(…)
“gila,tadi kena selangkangannya ya?? Innalillahi..”
(innalillahi..)
“kita kubur diem2 aja”
(woiii..gw masih idup ni!!)
“jangan!,,ada2 aja lo, dia masih idup..kita maen aja lagi, ntar klo udah siap maen baru kita angkat..”
(hei,,hei,,klo gitu mah mending dikbur aja gw!!)

Gw langsung buka mata pelan2. niru adegan di sinetron waktu aktornya siuman setelah operasi. Sambil megang selangkangan gw bilang ke temen gw klo gw gak apa2..
Sialan,, apanya yang gak apa2..
Brengsek..
Tapi gw gak ngelanjutin maennya, gw Cuma ngeliatin aja dari pinggir lapangan..
Sejak itu, sampe SMP gw gak pernah lagi maen bola, gw selalu bawa bola kasti biar klo temen gw lupa bawa, gw tetep bisa maen kasti..
Untung saja, burung kecil itu masih bisa terbang..
ngeres tu..........
hahaha..

4 komentar:

  1. ahahhaha..wups sorry tapi ini bener2 menghibur..konyol.

    BalasHapus
  2. seneng ada yang komentar..
    Makasih udah dateng..
    Hehe

    BalasHapus
  3. Haha, menghibur Sampe nangis aku bacanya. Gimana kabar burungnya??
    @fransiskuserwin

    BalasHapus
  4. Ya amplop.. ni cowok nanya kabar burung gw..
    *maho detected

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D