Rabu, 20 Februari 2013

Cinta itu ......


                Hmm, darimana gw mulainya ya? Soalnya kalo ceritain dari pertama, pasti ceritanya bakal panjang banget. Nggak mungkin kan kalo gw ceritain semua kisah gw selama lima taun.

Lima taun itu itu sebentar menurut gw. Paling nggak itu yang gw pikirin di umur pacaran gw 2 taunan. Tapi setelah Negara api menyerang Negara air, dan bahkan avatar Aang pun mulai ikut campur, Lima taun yg gw jalanin di belakang itu lamaaaaaaaaaaaaaaa.. banget..

                Iya, gw udah putus setelah ngejalanin hubungan selama lima taun…*jeng jeeeng, tiba2 dari kejauhan kedengeran lagu Judika yang tersakiti-

                Seolah-olah gw kayak show off banget ya dengan umur pacaran selama itu ( walaupun ada beberapa orang yang gw kenal pacaran lebih lama dari gw), dan sebenernya juga nggak bisa dibanggain juga hal yang begituan, karena dari beberapa sisi pacaran itu nggak baik.

                Lantas kenapa gw sampe pacaran selama itu? Apa karena muka gw yang di bawah garis kemakluman ini penyebabnya (maksudnya, susah kalo mau cari cewek lain yang mau sama gw) sehingga gw mati-matian pertahanin cewek gw itu? Hahaha, bisa jadi atau malah bisa jadi-jadian..

                Ada beberapa hal yang bikin gw bertahan dengan pacaran selama itu. Dan beberapa malah gw perjuangin abis-abisan sehingga terlihat konyol, lebay atau apapun namanya itu. Tapi intinya sih, kalo gw emang “pacaran” dengan seseorang, gw ngejalaninnya dengan serius. Sampe nikah kalo bisa..

                Tapi ketika gw dihadapin dengan situasi di mana gw harus ngelupain semua yg udah gw rencanain, gw bisa apa? Karena juga menjalin hubungan, “menjalin” sendiri punya arti mengikat suatu komitmen antara dua pihak atau lebih (dalam kasus pacaran tentu aja dua pihak dan tidak lebih, kecuali ada perjanjian khusus antara keduanya, hehehe), dan ketika yang sebelah pihak udah merasa nggak pas dengan komitmen yang udah dibuat, cuma ada pilihan :

1. ngebuat komitmen baru yang bisa disetujuin bareng-bareng lagi
2. keluar dari komitmen

                Misalnya aja, dalam suatu hubungan yang ancur gara-gara sebelah pihak itu selingkuh atau ada komitmen lain yang dilanggar, si sebelah pihak satunya lagi bisa ambil langkah no.1 (mungkin setelah sedikit ngambek-ngambek besar abis diselingkuhin, trus ketika pacarnya minta maap, dia maapin dan ngasih kesempatan kedua. Happy endingnya mereka balikan lagi dan nikah besoknya, selingkuhannya dibuang jauh2) atau malah langsung ngambil keputusan no.2 (PUTUS!! POKOKNYA PUTUSS!!!). Yang mana aja, sah-sah aja, tergantung kelabilan dan kedewasaan juga terhadap masalahnya. Tapi pada kenyataannya, nggak semudah yang gw tulis juga. Punya hubungan itu sama kayak nyari rangking di sekolahan : Ngeraihnya gampang, pertahaninnya yang susah.

                Dulu, waktu gw SMA. Gw pernah punya pacar dan pacar gw itu dulu sempet ngajakin nikah cepet. Jadi dia pengen nikah di umur 22 taun gitu, dan untuk seumur kami, pemikiran kayak gitu mungkin terkesan terlalu serius. But, what? Gw juga orangnya nggak suka main-main sama hubungan dan gw iyain aja.

                Emang sih, umur pacarannya cuma beberapa bulan. Entah kenapa abis pulang dari liburannya waktu itu, dia jadi agak aneh ke gw (atau malah ngebuka pikirannya kalo dia ternyata pacaran sama orang yg salah, hehehe) dan ujung-ujungnya ketika gw smsin :

                Jangan lupa makan siang ya, sayang

                Eh, nggak disangka-sangka dianya malah ngebales,

                Duh, nggak usah diingetin lah..bosen tau..

                Ngebaca smsnya yang tiba-tiba jutek gw jadi bingung. Gw nge-reply :

Loh, kok gitu jawabnya?

Dan selanjutnya terjadi huru-hara via sms dan terakhir dia mutusin gw dengan alesan yang kayaknya nggak usah gw tulis di sini. Siang itu, pertama kalinya gw nangis buat cewek.

Cengeng? Kalian belom tau sih ada kenalan gw yang nangis tiap hari selama dua bulan lebih setelah diputusin pacarnya..

Oiya,  Entah dari siapa, gw pernah denger kalimat :

Ing ngarso sung tulodho, Ing Madyo mangun karso, tut wuri handayani

…..

Eh, tunggu, maksud gw yang ini :

Kecepatan seseorang untuk bisa move on itu tergantung dari berapa lama hubungan yang dia jalani bersama kekasihnya..

               
Contohnya gw aja, dari hubungan yang beberapa bulan yang gw ceritain di atas gw bisa galau sampe setaunan. Trus sekarang, gw mesti galau berapa dekade dulu sampe gw bisa move on beneran? Hahahaha.. tapi bagi beberapa orang, kayak sepupu dan mantan gw misalnya, bisa move on dengan tenang dalam sebulan ato malah pernah juga dalam itungan minggu. Well, beda orang beda juga cara nyikapin.. mantan juga macem-macem, bagi gw yang susah ngelupain kenangan jadi mati kutu karena  beberapa mantan gw malah kayaknya nganggep kenangan itu cuma "kenangan". Sekali lagi, beda orang beda juga yang nyikapin..

Kata temen gw, “Biar gampang sembuh sakit hatinya, mending elo cari pacar lagi”

Hmm, saran dia mungkin bisa jadi bener, tapi artinya itu gw jadiin orang lain sebagai pelampiasan gw donk? Kan kasian.. lagian lagi (kata-kata macam apa pula ini..), dari awal gw ini orangnya sensitif dan suka kebawa serius dalam suatu hubungan. Jadi kalo ntar gwnya pacaran lagi dan kebawa serius lagi, gw jadi kuatir kalo ntar gw bakal punya perasaan sepihak kemudian berakhir patah hati lagi…

Lagi…lagi…lagi..

Gw juga bukannya cowok yang baik sebagai pacar (dulu), tapi gw rasa tingkah gw masih bisa dijinakkin (berasa anoa gitu) dan layak dikasih kesempatan karena gw yakin gw nggak salah-salah banget. Dan cara gw mencintai seseorang mungkin nggak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, namun bukan berarti gw nggak mencintai mereka sepenuh hati.

Tapi pada akhirnya, ada kontrasepsi konsekuensi yang mesti gw terima dari hubungan yang belakangan gw sadar kayak sebelah pihak dan rasa kebergantungan terhadap satu orang.

Cinta nggak harus memiliki.

Dulu gw ngedenger kalimat ini cuma keluar dari seorang yang gagal cinta atau sekedar kata penghibur untuk seseorang yang gagal move on. Dan agak gimana gitu pas tau gw kini ada di posisi “seseorang” itu. Kalo dibilang gw udah nggak punya rasa lagi ke mantan gw itu, rasanya munafik. Tapi rasanya mantan yang gw pernah sayang setengah mati itu sekarang udah nggak ada, jadi rasanya nggak adil buat gw sendiri dan beberapa orang lainnya kalo gw "betah" mendem perasaan untuk orang yang "nggak ada". Entah evolusi macam apa yang udah terjadi, gw sendiri nggak ngerti..

Cinta yang sebenernya itu adalah ketika mampu ngeliat orang yang kamu sayang bahagia dengan orang yang dia pilih..

Kalo kalimat ini mungkin ada benernya, kecuali baris keduanya. Ade Rai yang badannya gede juga bakal nangis kali ya kalo istrinya (eh, dia udah nikah belom sih?) milih hidup happily ever after sama selingkuhannya. Yaa, siapa yang bisa tahan sih kalo mikirin posisi kita di hati orang yang kita sayang kini udah ada orang lain berdiri di sana?

Hmm, gw jadi mikir siapa ntar jodoh gw (pemikiran pemuda yang nyaris jadi tua). Berasa pengen punya “Pintu-ke-masa-depan”, terus pergi ke masa 10 taun yang akan datang dan ngeliat siapa yang jadi istri gw. Yaa harapan gw sih, 10 taun ke depan gw udah punya istri, bisa berabe kalo misalnya aja pas gw pergi ke masa 10 taun yang akan datang dan rupanya gw masih melajang, begitu juga di masa 20 taun ke depan, 30 taunnya, dan baru punya istri pas gw buka pintu ke masa 40 taun yang akan datang, istri muda dan cantik yang setia nungguin gw mati buat ngambil warisannya doang.. behahahahaha..

Dan karena gw nggak punya pintu model begituan, jadi gw akhiri aja pacar-pacaran nggak jelas ini. Jangan di anggap ini sebagai ngambekan karena gw diputusin, terus mau melajang seumur hidup ya, gw cuma males ngejalin hubungan yang masih nggak jelas mau dibawa ke mana. Asal elo tau aja, meyakini seseorang sebagai sesuatu yang akan jadi pasangan kita selamanya itu indah, tapi jika suatu saat elo sadar kalo cuma satu pihak yang mikir kayak gitu pasti hati elo bakal ancur. Nanti, kalo ada cewek yang suka sama gw (hiyahh, ngarep) dan gw juga suka sama dia, mungkin gw bakal milih untuk simpan perasaan, jaga jarak, jaga hati dan jaga diri sampe ntar nikah beneran tanpa pacaran(iya, mungkin gw kebelet nikah :p). Bukan demi mantan ato demi pacarnya mantan (loh?), tapi demi hati gw sendiri dan buat calon istri gw kelak..

                Eaaaaa…
                *kayak yang mau nikah besok pagi aja gw nulis beginian*

Dan artinya mulai sekarang gw bakal ngelewatin beberapa lini waktu di twitter dengan jadi sasaran ejekan "Dasar Jomblooo!!" . Yah, semoga aja darah gw nggak berceceran di TL..


NB : penulis sekarang sudah diangkat emaknya sebagai Duta Jomblo Indonesia

6 komentar:

  1. hhhhhmmmmm... baru kali ini gw baca blog lo... kirain ada yang sedih2nya ternyata cuma curahan karna ga bisa move on dengan total hahaaha :p

    BalasHapus
  2. ahhhh..gw kirain siapa yang komen blog gw, rupanya si tante gembrot.. :p

    BalasHapus
  3. Cinta tidak memiliki ?
    itu namanya cerita cinta dong ? cuma bisa diceritain tapi gak bisa menjalani...

    5 taun yakin putusnya ? apa mau tips dari gue biar bisa balikan lagi no ?
    perbedaan selalu ada tapi pasti memang tujuan pacaran itu menyatukan perbedaan sehingga bisa sama2 menjalaninya ?

    sekali2 maen ke blog gw yah, lagi doyan bahas cinta
    di Kloset Galau

    BalasHapus
  4. @klosetgalau : hahaha, lah yang mutusin bukan gw, jadi kalo nanya yakin ato nggak jangan nanya ke gw.. :p
    tujuan pacaran? hahaha..semacem pernah inget dulu pernah ngomongin hal gituan, tapi ya cuma bisa diomongin nggak ada bekasnya.. :)

    BalasHapus
  5. kalo dah putus, y udah biarkan aja :D no
    masih bnyak cewek di dunia yg lebih baik pastinya, lebh baik manfaatkan waktu kita-kita yang lagi jomblo :D heheeheheeeheheheehehehhe

    keuntungan menjadi single
    1. bisa hemat uang
    - pulsa jadi hemat ga sering" smsan / beli paket telpon
    - kalo gajian uangnya bisa ngerayain sendiri beli makanan yang enak" :p
    - kalo temen lo ultah tinggal kasih ucapan aja XD , ( kan biasanya klo ada pcr ultah beli kado lagi )
    2. WAKTU jadi lebih banyak
    - kalo libur kerja, bisa tidur sepuasnya tnpa ada jadwal date
    - bisa gaming tanpa harus "pause" kalo ada sms/telpn masuk *LOL

    sisanya...gw serahin ke lo XD

    BalasHapus
  6. @kintarous : berasa curhat kehidupan elo sendiri ya? hahahha

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D