Senin, 25 Februari 2013

Undangan Nikah via Online = Go Green


                Sabtu ini temen gw ada yang mau ngadaian resepsi pernikahan. Agak miris memang. Kenapa? Karena dari dulu gw udah kebelet kawin, eh malah temen gw ini yang duluan. Ya, sudahlah, daripada ntar malah jadi curhat, mending gw lanjutin aja tulisannya.

                Dulu (dan masih bertahan juga sampe sekarang), orang yang mau nikah itu biasanya nyebarin undangan pake kertas (konvensional). Bentuknya beragam, dari yang simple (cuma selembar kertas dilipet dan biasanya ada peta tempat kejadian perkara bakal diadain) sampe yang njelimet ( yang kalo dibuka sampe ada gambar pop-up pengantinnya atau malah sampe ngelampirin foto pre-wedding satu album sekalian). Tapi sejak social media mulai merajalela dan meratulela, undangan pernikahan juga disebar via online.
                Ho’oh, undangan via online (online invitation). Mungkin elo juga udah pada tau sih gimana undangan online, soalnya di Facebook juga udah lumayan banyak yang pake fitur undangan online sebagai alternative penyebaran undangan. Tapiii… ada yang lebih oke nih..

                Jadi kemaren gw nggak sengaja liat-liat di google dan nemuin website yang mau ngedisain undangan online dengan lebih keren dan cakep abis. Nama websitenya datangya.com. Namanya juga invitation, jadi mesti ada unsur “datang ya”-nya donk.. hehehe

                Setelah ngulik-ngulik isi website-nya, ternyata gw tau kalo buat undangan pernikahan online itu jaaaaaaauuuuuuuuh lebih murah. Seriusan, gw nggak bisa dibilang berapa harganya disini (takut dikira sales datangya.com berkedok blogger), tapi emang bener-bener nggak mahal loh dan yang paling keren itu desain undangannya, brooo.. coba deh liat contoh undangannya di sini, di sini atau di situ


Dan apa aja sih kelebihan dari undangan online ini?

                Yang paling penting, hemat kertas. Jelas donk, undangan konvensional kan bikinnya dari kertas dan kertas itu dari kayu, kayu itu dari pohon dan pohon itu susah nanemnya. Jadi intinya dengan memakai jasa undangan online ini secara nggak langsung kita udah menjadi Duta GoGreen nggak resminya PBB karena udah mengurangi eksploitasi kayu. Tahukah elo kalau :

  1.        setiap jamnya, dunia kehilangan lebih dari 1700 hektar hutan karena ditebang. Pohon-pohon yang ditebang ini adalah untuk bahan baku kertas (sumber : http://dewadirga.blogspot.com/2012/06/menghargai-selembar-kertas.html). Serem nggak kalo ngebayangin suatu hari di dunia ini nggak ada hutannya lagi?
  2.            Diperlukan satu batang pohon berumur 5 TAHUN hanya untuk membuat kertas sebanyak 1 rim (500 lembar) (sumber : http://lspr-4c.blogspot.com/2010/05/satu-rim-kertas-sama-dengan-satu-nyawa.html) . Apa kalian nggak sedih ada pohon yang ditebang ketika di umur yang “lagi lucu-lucunya” ?
  3.   Satu batang pohon dapat menghasilkan jatah oksigen hanya untuk 3 orang  (sumber : http://dewadirga.blogspot.com/2012/06/menghargai-selembar-kertas.html). Nah, loh??
Lebay??


Pasti banyak yang belom tau fakta di atas kan? Terus, selain udah menghemat kertas apa lagi sih kerennya undangan online di datangya.com ini? Yang pastinya banyak, andalannya itu :
1.              terserah mau disebar ke mana aja dan mau berapa banyak yang mau diundang. Mau disebar via email, socmed dan berbagai tempat (asalkan ada jaringan internetnya). Ada juga fitur mobile phone yang ringan, jadi bisa disebarin via link melalui bbm, sms atau chatting.
2.              Peta TKP (tempat kejadian pernikahan) disediakan dalam bentuk google map. Asoy..
3.              Bisa pake music. Iya, kalo di undangan biasa mana bisa ada musiknya (kecuali kalo yang punya hajat mau nyediain budget lebih buat ngasih sekeping vcd buat orang yang diundang). Jadi begitu muncul undangan kita di  layar laptop bakal ada musik yang kedengeran. Lagunya juga terserah yang nikahan, mau lagu dangdut sampe heavy metal!
4.              Buku tamu. Ini juga fitur yang nggak mungkin ada di undangan konvensional. Di fitur ini tamu-tamu yang diundang bisa nulis nama dan pesan buat sang pengantin. Asik banget nggak tuh? Bisa nyoret-nyoret sesuka hati.. eh..
5.              Murah dan nggak pake lama. Iya, hanya dengan 250 ribu dan beberapa menit aja, kita udah bisa ngundang beribu orang via online. Lebay? Nggak donk, kan kalo via online semua bisa dilakuin. Terus, biaya yang dihemat dari cetak undangan bisa dipake buat biaya lain, nambahin menu di catering misalnya..

Nah, selain hemat kertas dan fitur yang gw sebutin di atas, masih ada fitur tambahan lain, kayak : domain khusus, special invite, hit counter, countdown timer de el el de es te sampe bisa juga nulis kisah cinta yang nikahan (yaiyalah, masa’ cerita nikahan tetangga..) di undangan online ini. Nah, buat yang mau bikin undangan nikahan, kapan lagi bisa nikah sekalian kampanye GoGreen?

Referensi dan contoh undangan dalam tulisan : semua dari datangya.com

                

19 komentar:

  1. cieee. udah sebut2 undangan nikah. ada yang udah pengen cepat2 nih kayaknya :D

    BalasHapus
  2. @jihanbanaeem : hahahaha, emang.. nunggu calonnya nih yang lama.. :D

    BalasHapus
  3. cakepppp!!
    keren juga ada undangan kaya gini..

    kira-kira pas gw nikahan kelak (kelak?? waw banget bahasa gw.. hahahhaa) masih ada ga ya??
    :D

    BalasHapus
  4. @fenosa : nggak tau juga, emang berapa taun lagi mau nikah? hahaha

    BalasHapus
  5. fen,,undangan sunatan bisa????

    BalasHapus
  6. yaahh cepet nyusul nikah yaaa...jangan lupa pake undangan online....
    oyaa silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/02/datangyacom-ahlinya-undangan-pernikahan.html
    makasih :-)

    BalasHapus
  7. Kreatif banget dan tulisannya juga lengkap..

    Semoga sukses yaa ^^

    BalasHapus
  8. @noniq & @icha : makasih, goodluck ya buat kalian juga.. :D

    BalasHapus
  9. lumayan si,, perlu disempurnakan lagi,,,ditunggu!

    BalasHapus
  10. saya suka sekali info nya
    memberikan banyak wawsan

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D