Minggu, 22 Januari 2012

Siapa yang paling genduuutt??


Ngajarin anak SD ternyata butuh kesabaran tingkat dewa. Gw baru tau kalo jadi guru SD itu susye banget yee..
            Ceritanya kemaren (Sabtu, 21 Januari 2030) Gw sama partner gw (ciee..partner) yang namanya Bang Eji ditugasin ke sebuah SD buat ngajarin tentang UKS sama Dokter Kecil selama 4 bulan. Kenapa gw bisa terdampar di kerjaan kayak gini? Gw juga dikenalin sama Bang Eji juga dari temen gw yang gabung di EO gitchu, kebetulan ada sekolah yang ngerasa tim dokter kecilnya agak pasif dan mereka minta Bang Eji buat ngelatih dan kasih materi tentang UKS, dokter kecil dan sekitarnya.
            Bang Eji nyari partner yang ujung-ujungnya adalah gw. Dan setelah melewati masa-masa “tak kenal maka tak sayang”, akhirnya kami deal buat kerja bareng ngajarin anak SD. Anak SD yang diajarin rupanya banyak banget! Dari awal perjanjian Si Ibu kepsek bilang ada 40 murid dan ternyata di hari kejadian muridnya meluber jadi 50 orang! Ributnya minta ampuuun!

Serasa mau mati
            Dengan susah payah gw sama bang Eji ngebuka acara yang diadain di ruangan serba guna. Ini ruangan emang seba guna banget, selain bisa jadi ruang rapat, seminar, bahkan kelas, ruangan ini juga bisa disulap jadi ruangan lomba fashion show. Soalnya ada panggung segala, Gw jadi ngerasa artis gitu nagajarin dari panggung setinggi ini.
            Masuk ke sesi pembukaan. Bang Eji ngenalin diri. Sukses. Masuk ke giliran gw. Sebenernya dari dulu, gw agak keganggu sama sesi perkenalan beginian. Nama gw kan sedikit agak..umm..gimana-gimana gitu.. maksud gw, nama gw kan aneh, jadi gw kadang suka males kalo pas gw sebutin nama gw terus yang denger pada bilang “hah? Apa namanya?” atau “apa?apa namanya? Hah? Haaaahh??”
            Dan bener aja, baru aja gw ngenalin nama gw, “Selamat pagi, kenalin yaa..nama abang Noaaa” kata gw dengan cerianya dengan senyum selebar danau toba. Para murid langsung nyahut-nyahut.
            “Hah? Siapa namanya, bang?”
            “Bang Toa ya? Bang Moa? Apa Bang Doa?”
            “Abaaang, nama aslinya siapaaa??”
            DAMN! Udah gw duga, pasti bakal begini deh. Setelah gw jelasin panjang lebar, dimulai dari gw lahir sampe gw ejain huruf nama gw, baru deh tu anak-anak (kayaknya) ngerti. Gw juga ngasih tau hobi gw, sampe gw juga bilang kalo gw suka banget mane game. Tiba-tiba ada murid cowok paling gendut disitu, nanyain “ Abang suka main Point bLank juga gak?”
            Buat yang belom tau, PB atau Point Blank adalah sebuah game online tentang perang-perang gitu deh. Gw gak suka maen beginian, soalnya gw kan cinta kedamaian. Ngeliat semut diinjek aja gw bisa nangis. Pas ditanya kayak gitu, gw jawab aja “ Iya, abang juga suka main Point Blank kok, hehehe” gak lupa sambil nyengir semanis tebu.
“Abang pangkatnya apa di PB?”
            Eh, buseet. Apaan lagi ni? Emang di PB ada pangkat segala ya? Mana tau gw. Nah loh, apa ya gw bilang. Kalo gw bilang asal-asalan, ntar gw malah jadi bulan-bulanan anak SD. Dalam sepersekian detik gw berpikir (Cepet kan? Gw emang gak bisa mikir lama-lama, otak gw udah usang kalo dipake dua detik miikir aja langsung gila gw), akhirnya gw jawab, “Hehehe..Abang masih rendah pangkatnya”
            Yess, paling gak, gw gak ketauan kalo gw gak pernah main PB. Eh, rupanya ngasih counterattack.
            “Ahh..Abang lemah” Sambil ngasih jempol yang diarahin ke bawah. Temen-temennya langsung ketawa semua. Brengsek! Kalo gak ada perlindungan hak anak, udah gw lempar ni mic ke muka si gendut itu.
Eh, bukan ke muka gw ya..
 Sesi selanjutnya ya ganti-gantian perkenalan diri dari para murid. Lumayan ngabisin waktu, bayangin aja ada 50 anak hiperaktif ngenalin diri sampe ke hobinya. Kalo gw perhatiin, hobi anak cowoknya kebanyakan main bola atau badminton. Kalo yang ceweknya membaca dan berenang. Standar. Tapi ada juga anak cowok yang terang-terangan bilang hobinya main PB! Gile aja, ada juga yang bilang hobinya main trail. Anak jaman sekarang mainannya beda ya..
            Sebelum masuk ke penjelasan materi, Bang Eji ngasih perintah untuk nyiapin alat tulis masing-masing. Gw juga ngasih tau kalo pas penjelasan jangan ada yang berisik atau ngobrol sama temennya. Standar banget guru SD deh gw. Yang terakhir, Bang Eji minta murid-murid buat meng-non-aktifkan hapenya. Satu benda yang pas jaman gw SD belom ada. Benda elektronik yang dulu gw bawa ke sekolah adalah tamagotchi, itu juga diem-diem.
            “Adek-adek..pada punya hape kaaan?” Bang eji nanyain peserta  dokter kecil.
            “Punyaaaa…”
            “Gak apa-apa kan kalo hapenya di silent sebentaaaar?”
            “Gak apa-apaaaa..”
            “Ya udah, sekarang semuanya ambil hapenya terus di-silent yaaa..”
            “Hapenyaa di rumaaah baaaangg..”
GUBRAK!
Setelah insiden tanya-jawab gak penting tadi. Akhirnya masuk ke sesi materi, di mana gw yang jadi gurunya.Gw udah nyiapin slide powerpoint tentang UKS, Dokter kecil sama kesehatan diri dimulai dari pengertiannya sampe ke hal yang gak penting, kayak merk sabun terkenal. Gw nerangin sambil baca slidenya. Soalnya walau gw sendiri yang nyari bahannya, gw belom baca juga. Males.
Kalo ngeliat gw lagi begini, gw jadi teringat sama sidang judul gw. Memaparkan materi di depan khalayak ramai. Cuma bedanya, materi yang gw jelasin beda banget tingkat kesulitannya. Terbukti, pas anak SD tanya-tanya ke gw, gw bisa jawab semuanya. HAHAHAHA..
Terus pas masuk ke materi kesehatan diri, gw juga sempet bilang “Sebagai dokter kecil yang jadi contoh, kita harus berpenampilan rapi, kukunya bersih, rambutnya gak gondrong..”
“Lhoo, tapi Abang rambutnya kok gondrong?” Kata murid cewek yang duduk paling belakang.
Gw panik. Sialan, kena deh gw. Harusnya tadi gw gak usah bilang tentang rambut segala.
“Hehehe…iya deh, besok abang potong rambut.., nah lanjut yang tadi, dokter kecil harus bersih rapi, bergizi baik juga looh.. asupannya harus seimbang, kalo kurang bisa kurus, kalo lebih bisa kegemukan, nah siapa yang di ruangan ini paling genduuut?”
Dengan jayanya mereka pada bilang, “ABAAAAANGGG!!”
aa..ap..appaa??

AAARGHHH GW MAU PULAAAAAANGG!!!!

14 komentar:

  1. hahahahahah..sabar bag nok...perjuangan

    BalasHapus
  2. hahaha.. doakan aku ya! (gaya benteng takeshi)

    BalasHapus
  3. hhahahaha...
    sorry bg,,
    kan katakan lha kejujuran itu wlaupun pahit
    hahahahah

    BalasHapus
  4. Mantap......GENDUT KO......

    BalasHapus
  5. hahaha..congratulations noo..!!

    BalasHapus
  6. hehehehehe....
    ga pa2 bg noa gendut kan sexy,,
    hahahahhahaaha.....

    BalasHapus
  7. buat dhea, seandainya ada tombol "like", pasti saya like 3000x..hahaha

    BalasHapus
  8. nduuut....,
    hahahaha

    BalasHapus
  9. hahahahaha...

    ane pun heran,,sejak liat si no' di masa perkuliahan,sampe kaget uga,,,kok bisa ni anak gendut kaya gini...padahal di zaman SMA si no' agak kurusan deh....biasanya anak2 kuliahan yg ngekos alias jauh dari ortu, badannya bisa tambah kurusan n cungkring gitu...eh, ini mah kebalikan,,bisa2nya nambah gendut...hadeuh...diet sana no'...

    peace ^^..

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D