Rabu, 11 Januari 2012

Ada cerita di ruang sidang..


Akhirnya..
Akhirnya gw bisa nulis di blog lagi...
Akhirnya biodatanya lengkap juga..silahkan cek ke sini..
Akhirnya gw selesai juga sidang pengajuan skripsi..
hehe..

                Begitulah, kalo ada yang nanya kenapa blog ini tiba-tiba jadi kayak mati suri tanpa postingan baru, jawabannya adalah karena gw lagi fokus ke skripsi. Dan pada tanggal 29 Desember 2011 kemaren, gw akhirnya berhasil menjajaki tingkat pertama untuk menyelesaikan skripsi gw : SIDANG JUDUL. HAHAHAHAHA.. (ketawa setan)
                Kalo di kampus gw, untuk menyelesaikan masa studi, mahasiswanya harus melewati beberapa tahapan. yang pertama  udah jelas adalah KULIAH setelah itu baru nyelesaiin skripsi. Buat nyelesaiin skripsi di kampus gw harus melewati dua sidang. Sidang pertama itu sidang pengajuan judul skripsi gw, kalo udah disetujui (tentunya setelah dibantai habis-habisan oleh beberapa dosen) baru gw boleh buat skripsi. Dan akhirnya, gw udah lewat babak pertama bagian dari skripsi gw.
                Secara keseluruhan, gw pribadi menilai sidang kemaren agak kurang puas karena ada pertanyaan dari beberapa dosen yang gak bisa gw jawab dengan sempurna. Banyak hal yang mempengaruhi performa gw sampe gak bisa jawab pertanyaan dosen pembahas. Selain kurang belajar sebelumnya, gw juga terganggu dengan celana kain pinjeman yang rupanya agak kesempitan. Beneran, gak nyaman banget. Ditambah lagi gw mesti berpakaian resmi dengan kemeja dimasukin ke celana. Maksud gw bukan kemejanya dimasukin ke celana semua dan gw gak pake baju gitu, lo tau kan? yaa pokoknya kemejanya mesti dimasukin gitu kayak pakaian kerja resmi ditambah potongan rambut pendek. Bagi beberapa orang mungkin berpikir, “Apa susahnya sih cuma masukin baju gitu doang? kan rapi, enak diliat, keren, dan sebagainya dan sebagainya?”. Cuma masalahnya gw biasanya pake baju gak pernah rapi, malah kadang kalo kepepet, baju dari jemuran bisa langsung gw pake tanpa disetrika. Keliatan banget anak kostnya, males nyetrika. Atau cuma gw aja yang kayak gitu?
                Yaa terserah deh, bagi gw sendiri lumayan susah buat jadi rapi. Gw juga kalo pake baju ke kampus biasanya cuma kaos oblong bolong sama jaket yang biasanya gw cuci tiap dua bulan sekali kalo inget. Makanya pas gw pake baju kemeja dan celana kain dengan rapi, semua yang ngeliat  pada ketawa. Temen seangkatan pada ngakak, adek-adek yang bahkan gak seangkatan dengan gw tanpa malu ngikik gak jelas. Pacar gw bahkan sampe  bilang kalo gw mirip anak TK yang dipakein baju sama emaknya, tinggal bawa tas sama botol minum aja biar lebih meyakinkan.  Bagaimana gw gak jadi bulan-bulanan massa? Dengan badan yang membulat ditambah kemeja dan celana serba rapi, gw  lebih mirip lontong lebaran gagal daripada mahasiswa tingkat akhir.
                Ya sudahlah, membuat orang tertawa juga bikin pahala gw meningkat walaupun gak banyak.  Setelah merasa dihina habis-habisan dari segala penjuru dan berusaha menghindari paparazzi yang berusaha mengabadikan fenomena ajaib yang jarang terjadi, gw masuk ke ruangan sidang. Deg-deg-deg. Jantung gw berdegup tanda gw masih idup dan bertambah kencang karena gw juga gugup. Kebiasaan gw kalo gugup agak beda dengan orang kebanyakan. Beberapa sumber yang pernah gw  tanyain tentang  apa yang terjadi  pada mereka kalo lagi nervous tingkat dewa kebanyakan adalah pada sakit perut atau mules. Nah, kalo gw lagi panik begini biasanya suka nguap berkali-kali.  Nguap artinya kekurangan pasokan oksigen dalam otak, berarti saat gw panik, otak gw membutuhkan jatah oksigen lebih banyak daripada biasanya sehingga hidung gw membutuhkan bantuan mulut untuk menghirup oksigen dengan kadar melebihi normal.
Apa-apaan ini? Kok bisa ada catatan biologi disini?
                Selain dihadiri oleh pimpinan seminar, dosen pembimbing dan tiga dosen penguji, sidang beginian juga butuh bantuan seorang pencatat jalannya sidang a.k.a notulen. Yang dicatet sih biasanya saran atau masukan dari dosen-dosen penguji. Notulen gw aslinya adalah temen cewek gw yang tulisannya rapi, tapi rupanya -2 jam sebelum sidang dia ngundurin diri karena ada hal lain yang dia baru aja inget mesti dikerjain. Temen gw ini akhirnya ngehubungin temen dia yang satu lagi yang  temennya ini juga merupakan temen gw dikampus. Setelah mendapat persetujuan dari temennya temen gw yang merupakan temen gw di kampus, akhirnya “deal”, notulen diganti. Dengan segala persiapan yang memburu-buru, akhirnya sidang segera dimulai!
                Dari sini masalah kembali datang, notulen yang temennya temen gw yang rupanya temen gw di kampus itu tak kunjung datang. Akhirnya di antara kesempitan, gw nunjuk temen cowok gw yang bernama Coco buat jadi notulen sidang gw. Gw sama Coco deket banget, gw udah anggep dia sebagai partner mangkal di lampu merah adek gw sendiri karena walau seangkatan dengan gw, umurnya jauh lebih tua dari mukanya jauh lebih muda dari gw. Maklum, kenapa di umur segitu dia udah bisa kuliah alasannya karena dia skip satu jenjang pendidikan(TK) ditambah pas SMA dia juga  ikut-ikutan kelas akselerasi jadi masa SMAnya cuma menghabiskan waktu 2 tahun. Namun, walau lebih muda dari gw, omongannya jauh lebih dewasa dari gw. Bukan, bukan yang bijaksana gitu, tapi omongannya berbau 17++. Semesum-mesumnya gw, mungkin gw masih kalah satu level sama dia. Hahaha, gw kok jadi kayak ngumbar-ngumbar jeleknya orang ya? Biar adil gw ceritain juga deh sisi baiknya Coco. Jadi kelebihan Coco itu ada banyak, salah satunya adalah …. Emmm.. apa ya.. mmmmmm.. nanti deh gw tulis lagi kalo inget.
                Coco dan gw sering saling ngejek dengan julukan stripper. Tau kan apa itu stripper? Stripper itu adalah sejenis penari yang suka joget-joget (yaiyalaa) di mana ada adegan klimaks penarinya ngelepas semua pakaiannya. Entah apa asal mulanya kami bisa saling ejek begituan, yang pasti gw bisa tegasin kalo kami bukanlah stripper beneran. Setidaknya sampai saat ini. Dan mari kita lanjutkan cerita ke ruang sidang…
                …..
                Sidang berakhir.  Setelah acara bersalam-salaman dengan para dosen sambil bilang “Terima Kasih sudah membantai saya”, gw minta catatan notulen yang udah ditulis Coco. FYI, membaca tulisan Coco adalah keahlian yang gak dimiliki oleh semua orang dan ini tantangan besar buat gw setelah tantangan untuk masuk ke kamar kost. Gw agak kaget juga dengan jumlah kertas yang dia abisin buat nulis tentang jalannya sidang dan jauh lebih kaget karena isi tulisannya agak menyimpang dari seharusnya. Berikut adalah catatan notulen sidang yang menurut gw rada ngaco, gak gw tulis semuanya karena emang panjaaaaaaaang banget yang dicatet sama si Coco (yang di dalem kurung itu komentar gw yaa).

By : Coco
29 Desember 2011
Mulai 10.19
Noa tegang, kepanasan, bajunya kesempitan, penonton seminar 16 orang+3 orang
(APA-APAAN INI??)

Sidang dibuka oleh Bapak XX
10.22     Noa mulai goyang (udah mulai tercium aroma stripper)
10.24     Mulai goyang kecil-kecil (sebagai informasi, gw lagi sidang judul ya)
10.29     Jangan cepet-cepet no bacanyaa..

Penguji II
Jelasin tentang pasang surutnya, karena itu menarik menurut saya. Kalau kaitannya dengan pasang surut gimana?
 *Noa Panik
arrrgh!

(gw gak panik!)
Bagan alirnya kamu ada yang salah,
*dua orang penonton keluar ruangan, gak puas sama service Noa
(PERHATIAN: GW LAGI SIDANG JUDUL, BUKAN JOGET)
Di metodologi penelitian kamu menyebutkan “berat”, kenapa pada alat yang digunakan kamu tidak mencantumkan timbangan?
*Rusak waktu Noa ukur berat badan
*Celana Kesempitan
*Noa berdiri, keliatan lekukan badannya
(gw rada bingung, apa yang dia liat dari gw)

Pembahas III
Proposal kamu kok tipis ya? Apa buru-buru ngerjainnya?
*kayak dikejar satpol PP aja,
(sialan!)
Ibu dosen YY bertanya, (No, aku gak tau apa yang ditanya, jadi nggak aku tulis, kecepetan ngomongnya)
(Notulen gak guna!)

11.56  SELESAI!! KELUAR SEMUA!!

                Gw gak tau apa sih yang sebenernya ada dipikiran si Coco. Yang gw tulis di atas cuma sebagian kecil dan yang penting-pentingnya aja (atau sebaliknya?). Pada intinya, gw udah lulus sidang judul dan sekarang saatnya buat fokus ke skripsi, hahahaha… Ini saatnya ngejar ketertinggalan gw dari Coco. Oh iya, gw lupa bilang, biarpun umurnya lebih muda dari gw, dia udah wisuda bulan 11 kemaren, katanya mau catet rekor sebagai sarjana teknik paling muda, tapi ga kesampean.  Gw rasa dia lebih cocok kuliah di jurusan Seni Tari saking terobsesi ngejek gw stripper.  Gw yakin, kalo dia kuliah di sana pasti bakal lulus dalam waktu 3 tahun dengan predikat  kumlot.

Yaa, doain aja yee biar gw bisa lulus cepet juga, udah kebelet ni!

4 komentar:

  1. hehehehehe
    notulennya blm profesional tuh..

    BalasHapus
  2. Hampura, teh..
    adeknya emang lebih jago di sidang daripada jadi notulen.. :p

    BalasHapus
  3. LOL....

    Koko uda tau ga ya ad blog ginian??

    BalasHapus
  4. hahahaha..tau donk, mat..
    malah seneng katanya, namanya bisa terkenal..
    *ngakak guling-guling

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D