Jumat, 30 September 2011

Derita Anak Kost


                Bagi yang belom tau, gw kasih tau kalo gw sedang ngekost. Alamatnya gw rahasiain berhubung gw sedang jadi target debt-collector  (bahasa kerennya lintah darat ) karena belom bayar utang buat beli komik buku kuliah. Gw ngekost di tempat bude gw. Tau kan “bude” itu apa? “Bude” adalah sebutan buat orang luar negeri yang datang ke Indonesia.
                Rumah bude gw sendiri ada dua lantai. Lantai dua ada 6 kamar, 5 kamar dipake buat kost cewek dan satu kamar buat kost ponakannya. Jangan ngebayangin yang nggak-nggak, rumah bude gw bukan kost campuran. Sayang, padahal prospek kost campuran pasti bagus. Anyway, kayak yang udah gw bilang sebelumnya, kamar kost gw kondisinya gak jauh beda dengan pasar ikan kena banjir. Penuh dengan barang gak jelas dan sampah bertebaran. Bahkan saking banyaknya sampah, temen gw sampe ngejek “Kayaknya satu kota kalo buang sampah, pasti buangnya ke kamar lo..”
Kadang gw ngerasa ucapan dia ada benernya..
                Ya wajar aja kalo orang yang liat kamar gw bilang gitu, bahkan buat jalan aja susah karena udah ketutup semua sama barang gak jelas. Ngeberesin kamar juga jadi kerjaan yang lama banget padahal luas kamarnya gak lebih dari 5x6 meter namun untuk ngebersihinnya butuh 2x24 jam. Gw malah pernah berpikir buat sewa mobil keruk buat ngangkat sampah di kamar gw. Menyedihkan memang. Gw kadang tiap sholat selalu bersyukur karena gw masih bisa hidup di dalam kamar yang kalo mentri kesehatan ngeliat, dia bakal nemuin banyak jenis bakteri baru disini.
                Kali ini gw gak nampilin foto kamar gw karena nantinya gw takut malah dikira masang foto lokasi puing-puing kebakaran. Jadi sebagai  alternatif, gw gambarin denah kamar gw. Yang pengen tau, silahkan liat gambar di bawah.

room sweet room

                Rapi kan? Semuanya tertata dengan semestinya. Inilah posisi barang ideal buat kamar anak kost! Begitu lo buka pintu, langsung bisa tidur. Dan gw sekali lagi ngingetin kalo kamar gw dihuni sama EMPAT orang pria sampah masyarakat lengkap dengan segala sampahnya. Sekarang bandingin sama gambar di bawah.

Gambar di bawah mengandung unsur kekerasan dan penuh darah,
Bagi yang di bawah umur, jangan lihat!
Bagi yang bawah tempat tidur, keluarlah..
Ngapain di sana..
kayak peta perang aja



Keterangan:
1.       Kipas angin yang muternya udah gak bisa kenceng lagi. Bukan, bukan karena udah usang atau udah rusak tapi karena baling-balingnya udah berat gara-gara udah nempel debu setebal make up banci.
2.       Penuh sama botol akua sama frestea. Sengaja dikumpulin buat dikiloin.
3.       Tumpukan baju kotor.  Bau keringet 4 pria males mandi bisa dicium disini. Baunya mengingatkan pada aroma neraka. Oh iya, keset kamar mandi juga berasal dari salah satu baju kotor di sini.
4.       Pintu kamar mandi. Gak ada yang spesial selain pintu ini udah lepas dari engselnya. Jadi, kalo Jepang punya pintu model geser, kamar gw punya pintu model angkat. Bisa juga disebut “Pintu Ke Mana Saja” karena ni pintu emang bisa dibawa ke mana-mana.
5.       Bagian atas lemari yang debunya gak kalah tebel sama debu di kipas angin. Rayap aja enggan tinggal di sana.
6.       Kasur. Jarang dijemur. Baunya bisa bikin orang mati idup lagi.
7.       Meja komputer. Dulu tempat naro akuarium si Nemo bersaudara, sekarang udah jadi tempat naro komputer. Jumlah  sampah di meja ini sama banyaknya dengan jumlah virus di dalam komputer.
8.       Tempat tidur juga tapi bukan kasur. Kayak karpet yang ada bantalannya gitu, apa sih namanya? Banyak sampah juga.

                Ya. Inilah kamar gw sebenernya. Penuh dengan sampah. Lucunya, gw selalu bersihin kamar ini setiap seminggu sekali kalo inget tapi dalam hitungan dua hari kondisi kamar gw udah balik kayak pasar ikan kena badai. Gw kebagian piket kamar sama Sani (sepupu gw a.k.a malaikat kematian para hewan) tiap hari minggu. Untuk kamar sekecil itu, kami sampai perlu kantong plastik sampah besar sebanyak 5 buah. Gw pernah bikin itung-itungan seandainya kamar gw gak dibersihin selama 1 bulan, mungkin gw bakal butuh truk sampah dari dinas kebersihan buat nampung sampahnya.
                Sebagai keterangan tambahan, tanda * (bintang) yang warna oranye itu adalah dimana lokasi sampah berada. Sedangkan # (tanda pagar) warna hijau bukan hastag twitter melainkan lokasi baju kotor berada.
Malunya gw..
                Kalo lo jeli, pintu kamar gw di belakangnya penuh tumpukan sampah. Akibatnya, pintu kamar gw Cuma bisa dibuka sama lebarnya dengan yang gw gambar di atas. Bagi gw yang bertubuh gendut sehat, untuk masuk kamar adalah tantangan tersendiri.
                Sebagai anak kost, gw ngerasa udah gagal banget dalam dua hal. Yang pertama dalam ngurus kuliah, yang kedua dalam ngurus kamar. Ibaratnya dalam pepatah, hidup gw kayak “nasi sudah menjadi dubur” artinya “kok bisaaa???”. Nasihat gw buat anak kost lain adalah jangan sampe ada lagi anak kost yang kamarnya seperti kamar gw. Berusahalah untuk Go Green dari hal sekecil mungkin, yaitu dari kamar lo sendiri.
               

9 komentar:

  1. Haha...wajar lah anak kost, ak dulu juga gt kok :D

    BalasHapus
  2. 54ni_pRi4 pen66od41 Oktober 2011 pukul 02.01

    aduuhh,.. jadi teringat masa-masa kuliah eke dulu,
    xixixixi ...

    BalasHapus
  3. hahaha, namanya juga anak kost, apalagi cowo semua, udah kayak kapal perang aja tuh kamar Bos, hahaha...

    thanks ya udah berkunjung ke blog saya, review-newgadget.blogspot.com saya juga udah follow ya blognya, hehehe... :)

    BalasHapus
  4. wah mantap nie, sama kaya ane yang juga anak kost. ya begitulah deritannya.

    BalasHapus
  5. jah emang gitu kali namanya juga cuma doyan makan pasti kamar kaya gitu

    BalasHapus
  6. wkwkwkwk...kocak bgt nih ceritanya mas noa....btw petanya bgs bgt saya appreciate deh hehehe

    BalasHapus
  7. terimakasih atas infonya gan
    di tunggu informasi selanjutnya
    sukses terus

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D