Minggu, 25 September 2011

Buying nemo - Sequel of Finding Nemo


                Sepupu gw di kamar, namanya Sani, cowok, ngajak gw buat ngadopsi anak  buat miara ikan hias di kamar. Dia baru pulang dari Bandung dan gw gak tau apa yang dia liat di sana sampe dia tergila-gila mau piara ikan. Gw rada gak yakin dengan niat dia buat piara ikan hias karena reputasinya dengan binatang gak  pernah bagus, nyamuk aja gak mau nyedot darah dia.  Terakhir kabar yang gw denger, dia pernah piara anak ayam, gak sampe sebulan tu ayam udah berpulang ke rahmatullah gara-gara kelindes motornya.

                Gw bingung. Soalnya mengingat kamar gw yang dihuni yang luasnya aja buat selonjoran susah dan dihuni oleh empat cowok beringas yang gak ada rapi-rapinya ini udah gak ada tempat lagi buat naro barang bernama AKUARIUM!!. 

                Akhirnya setelah ngebersihin kamar yang berantakannya ngalahin Pearl Harbour abis kena bom atom, kami berdua nemuin ruang seukuran 30 cm x 30 cm yang cocok buat naro akuarium. Akuariumnya juga asal jadi. Akuariumnya kami ambil dari bola kaca penutup lampu taman. Kebetulan ada dua bola kaca bekas yang gak kepake lagi. 

                Jadi deh gw sama sepupu gw hunting ikan hias. Rencananya gw sama Sani mau beli ikan badut, kalo bahasa Inggrisnya Clown Fish (gemeteran gw nulisnya, takut salah). Sani emank suka sama ikan badut gitu, demam Finding Nemo. Tapi rupanya sampe di toko ikan, harganya gak pas dengan ukuran kantong anak kost kayak kami. Melihat harga ikan badut yang ukurannya gak beda jauh sama upil gw dikasih harga dua puluh lima ribu, kami berusaha nawar..

                “Bang,,ni gak bisa murah lagi?” kata gw sambil nunjuk ikan badut.

                “Emank berani bayar berapa, dek?” si abang jawab sambil kasih makan burungnya. Iya, ni orang buka toko ikan sekalian burung juga. Semua burung ada dan semuanya dijual. Kecuali satu burung yang kebetulan dia sayang banget.

                “Emank ni harganya berapa?” Gw belagak bego, pura-pura gak liat label harga yang ditempel di akuarium.
                “tiga puluh ribu”

                “Nah lo..ni ditulis dua puluh lima ribu, bang” gw protes.

                “Nah..tu tau..malah tanya..” Si abang masih aja ngasih makan burungnya.

                “Hehe..” Sial, harga diri gw dijatohin tukang ikan!

                “Kalo sepuluh ribu lima biji bisa bang?”

                Si abang ketawa gede, “HAHAHAHA..dek, nawar apa ngajak ribut?”

                Gw ketawa gak kalah gede. Sani lebih gede ketawanya. Akhirnya setelah berdebat tentang masa depan Indonesia, diputuskan kalo kami batal beli ikan badutnya. Setelah liat-liat akuarium toko ikan yang lebih banyak jual burung, akhirnya gw sama sani beli seekor ikan mas koki jagung dan dua ekor ikan bulu ayam

                Gw tanya ke Sani soal nama ikan mas koki jagung. “Masa iya namanya koki jagung, San?”

                “Iya, liat aja badannya..gembul, sisiknya juga kayak jagung gitu” Sani yakin banget.

                Gw manggut-manggut aja. Gw perhatiin ikannya, emang mirip jagung. Pas gw nyoba cari di 
google, gak pernah ada yang namanya ikan mas koki jagung.

ikan mas koki tanpa jagung

Lanjut. Ikan bulu ayam ini emank bentuknya kayak bulu ayam item yang melayang-layang di air. Keren. Dan Murah!. Pas gw googling, Alhamdulillah..rupanya emank namanya ikan bulu ayam. Nama aslinya Black Ghost. Sangarr!!!

Mirip Bulu Ayam..

Sampe di rumah, gw langsung ngisi bola kaca dengan air sampe setengah penuh dan gw isi juga batu-batu hias yang gw beli di toko burung/ikan tadi. Begonya, gw gak tau kalo bola kaca bekas lampu taman itu rapuh, serapuh hatiku. Curcol. Pas gw angkat, pecah deh. Airnya tumpah ke celana gw. Basah sampe kolor!. Sani ngakak.

Untungnya masih ada persediaan bola kaca dan kolor. Belajar dari pengalaman, gw gak ngisi sampe setengah penuh, tapi sampe penuh sekalian. Wakakakak. Becanda. Abis itu, ikan-ikannya kami masukin ke dalam akuarium jadi-jadian itu. AKHIRNYA KAMI PUNYA IKAN HIAS!!

Biar seru, ikannya kami kasih nama. Saking ngefansnya sama Nemo. Ikan mas kokinya dikasih nama Nemo1. Ikan bulu ayamnya Nemo2 dan Nemo3. Sampe sekarang gw gak bisa bedain nemo2 dan Nemo3.
Inilah mereka..

Itu kejadian kira-kira 2 minggu yang lalu. Seminggu setelahnya, air mulai keruh. Gw sama Sani selaku orang tua asuh dari ikan-ikan yang sial ini berniat buat ganti airnya. Nemo1, Nemo2, dan Nemo3 dievakuasi ke ember buat nampung ujan. Gw sama Sani ngebersihin akuariumnya. Pertama gw nyuci trus gw lap pake kain kering, tapi karena tu bola kaca udah lama punya, jadi gak bening lagi. Ada kayak plak-plak (bukan suara orang ditampar ya) coklat gitu. Ngeliat masih kurang bening, Sani bilang “Kayaklnya mesti pake cairan sabun pembersih kaca nih”

“Ah, gila lo..ntar pada mati tu ikan” Gw nolak, gw dulu peternak ikan juga, jadi tau yang beginian. Gw dulu ternak ikan asin.

“Kagak..percaya deh..” Sani masuk ke rumah ngambil cairan pembersih kaca. 

“Semprot luarnya aja deh, San” Gw punya firasat buruk.

Sani ngotot nyemprot dalemnya juga. Abis tu cuma dilap pake kain. Emang jadinya kinclong banget, tapi gemuruh di dada ini tetap berkecamuk. Piling gw gak enak.

Kami masuk ke kamar lagi dan masukin ikan ke dalam akuarium yang udah gw bersihin. Pasang selang sirkulasi (itu lho, yang buat tuker udara yang di air ke luar, efeknya jadi muncul gelembung-gelembung gitu). Dan Nemo-nemo kami berenang. 

“Tuuh..aman aja kan?” Sani ngejek gw.

Sani istirahat. Gw nyabutin uban. Lagi nyabutin uban gw kepikiran untuk memperkenalkan Nemo1, Nemo2 dan Nemo3 di blog. Jadi gw langsung ambil hape buat ngambil foto ikan-ikan gw. Gw ambil fotonya dari atas biar keliatan, kalo dari samping jadinya jelek.

JEPRET! Suara kamera

Jadi deh poto yang di atas. 

Eh, tunggu dulu..Kok Nemo2 posisinya kok ngangkang gitu? Eh, maksudnya kok ngambang gitu ya? Gw aduk akuarium dan sadar Nemo2 ikutan ngambang. 

“SAN!!!, IKANNYA MATIII!!”

Sani langsung bangun dan ngeliat ikan bulu ayamnya mati. Nemo1 masih anteng aja.

SHOCK!

SHOCK!

SHOCK!

Ternyataaaaa
 
Gw SHOCK!. Sani kaget. Tetangga gw kentut. Gw ngomelin Sani gara-gara gak percaya yang gw bilang. Gw ngerasa kayak seorang ibu yang kehilangan dua orang anak yang mati tenggelam.

Akhirnya Nemo2 dan Nemo3 kami kubur. Karena asalnya dari air, jadi kami kembalikan mereka ke air (baca: got). Beberapa hari kemudian, Nemo1 juga nyusul. Kamar kami jadi hampa. Akuariumnya masih di kamar, masih berisi dengan air terakhir saat Nemo-nemo menghembuskan gelembung terakhir. Dengan ini, gw jadi yakin kalo Sani emang gak bakat piara binatang.

Sekian. 

#Prayfornemos

Suka Sama cerita ini? follow @sukagelo dan kunjungin fanpage FB-nya di sini :)

8 komentar:

  1. buat saya melihara ikan, itu nggk tau kesenangannya dimana. nggk kayak anjing yang bisa digendong2 dan diajak main. hehehehe.

    please visit my blog : http://sista47c.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Ada juga yang nyasar ke blog gw..
    hehehe..

    ah..ikan juga bisa digendong kok..tinggal bulatkan tekad aja gendong aquariumnya..hehehe

    Sudah mencoba mengnjungi, namun tak bisa meninggalkan komen. mungkin jaringan yg salah. ntar dicoba lagi.

    BalasHapus
  3. nice to joint us..
    keep writing....

    BalasHapus
  4. kocak :D
    i like it, gud jobb..

    BalasHapus
  5. Aloo, mas anonim..namanya aneh yaa..
    Makasih udah baca, mampir lagi yaa..

    BalasHapus
  6. haha,,nemos malang...
    semoga arwah mereka tenang di alam got..
    coba jd gembala sapi aja noa..

    BalasHapus
  7. hahaha, gembala sapi??
    prospeknya cerah kayaknya..

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D