Selasa, 29 November 2011

Hantu Vs Anak Kost

Kalo ditanya apa gw percaya apa nggak sama dengan yang namanya hantu, dengan jujur gw jawab  gw sendiri gak percaya sama yang namanya hantu. Dalam ajaran agama gw sendiri yang ada cuma jin sama setan. Setan yang dimaksud pun bukan sejenis kuntilanak, pocong dan lain-lain yang sering muncul di tipi, tapi setan yang kerjanya ganggu manusia.
Loh? Bukannya setan yang ada di film juga suka ganggu manusia?
                Bukan ganggu yang kayak begitu juga maksud gw. Tapi semacam menghasut agar manusia berbuat jahat dan jauh dari kebaikan. Karena apa pun agama elo, pasti tujuannya disuruh berbuat baik.
Perhatian : ini bukan materi pelajaran Agama.
                Dan buat lo yang ngaku pernah ngeliat pocong lompat-lompat tengah  malem atau tiba-tiba ngedenger suara cekikikan kuntilanak tengah malem, gw kasih tau ya itu adalah jin yang nyamar jadi hantu. Jin itu emang gak punya kerjaan, dan satu-satunya pekerjaan yang mengasyikkan bagi mereka adalah nakutin kita para manusia dengan menunjukkan wujud yang nyeremin kayak gulungan kain bersimpul yang kerjanya lompat doang atau jadi cewek pake baju putih dengan rambut terurai panjang awut-awutan dan berkulit pucat yang ketawanya cuma bisa satu macem doank “hihihihii”, kenapa gw bilang gitu? soalnya gw gak pernah denger suara kuntilanak yang ketawanya itu “hehehehe” atau “hahahaha”.
                 Jadi menurut gw gak perlu deh takut kalo mereka muncul. Apalagi yang udah sering banget nonton film horor Indonesia,  lo pasti udah pada tau kalo setan yang sering muncul adalah pocong sama kuntilanak. Seharusnya lo semua udah terbiasa sama wujud mereka. Tapi yang gw perhatiin, kebanyakan penggemar hantu tetep ketakutan setiap nonton film hantu yang baru, menurut gw ini aneh. Gw juga dulu sering nonton film hantu Indonesia, dan awalnya sih emang serem ngeliat hantunya, tapi lama kelamaan malah terbiasa. Dan yang awalnya ngeliat  hantunya serem, sekarang gak serem lagi, yang ada  sekarang paling cuma kaget. Kaget karena hantunya selalu muncul tiba-tiba, gw saranin kalo ada hantu yang mau muncul tu pake bilang dulu donk, kasih tanda sama yang mau ditakutin, minimal idupin lampu sennya.
                Dan menurut pengamatan gw, hantu di Indonesia itu emang jauh lebih serem ketimbang hantu Eropa sama Amrik.  Good job buat semua jin di Indonesia. Mereka semua pada kreatif dan beda-beda tiap daerah. Dari Sabang sampe Merauke, semua punya hantu yang populer di daerahnya masing-masing.  Contohnya aja, ada Palasik di padang, terus ada... emmm.. apa lagi ya.. ah, pokoknya banyak deh, saking banyaknya gw jadi lupa.
Lupa atau emang gak tau?
                Dan dari beragam hantu yang ada di Indonesia, ada dua jenis tipe hantu yang paling favorit dijadiin wujud buat nakutin manusia. Dan lo pasti udah tau jawaban gw, bener, pocong sama kuntilanak! Dua wujud ini sering banget dipake sama mereka, gw gak tau kenapa karena gw belom nemuin narasumber buat diwawancara mengenai fenomena ini atau pun ada yang menawarkan diri untuk diwawancara, gw yang bakal nolak. Rating dua hantu ini di Indonesia sangat tinggi, terlebih pada saat malem jumat. Kalo kata pendapat gw pribadi, ada alesan kenapa pocong dan kuntilanak bisa jadi wujud yang paling populer bagi para jin buat nakutin manusia.
Alesannya adalah Pocong dan kuntilanak merupakan wujud yang paling mudah ditiru. Bayangin aja, buat jadi pocong mereka cuma butuh kain putih doang, di pasar loak juga dapet, lalu minta bantu jin lain buat ngiketin tali simpul di kepala, di pinggang sama kaki. And All the things to do is just gilee bahasa inggris meen lompat-lompat muterin komplek sampe ada yang ngeliat. Dan derita sii pocong adalah jika gak ada yang ngeliat, mereka akan lompat-lompat sampe pagi dan besoknya gak bisa kerja lagi (red: nakutin manusia) akibat kecapekan lompat-lompat dan parises akut. Terus, buat jadi kuntilanak juga cuma perlu gaun panjang sama wig rambut panjang. Wig udah banyak yang jual dimana-mana dengan harga murah meriah dan kalo emang jinnya lagi bokek, mereka bisa nungguin di salon buat ngambilin rambut yang dibuang. Hemat, kan?
Kalo disuruh bandingin yang mana hantu yang paling bagus(?) di antara keduanya, gw lebih milih jadi kuntilanak. keuntungan jadi kuntilanak ketimbang jadi pocong adalah mereka bisa KETAWA! Kayak yang gw bilang tadi, pocong itu harus muterin kampung biar bisa diliat orang, mereka harus tampil secara nyata di depan mata orang supaya orang bisa takut karena kehadiran mereka, kemudian sesuai rencana mereka, yang ngeliat bakal lari terkecepirit-kecepirit. Tapi beda dengan kuntilanak, mereka gak perlu muterin kampung tebar pesona biar diliat orang. Kuntilanak cukup cekikikan aja di belakang rumah, maka yang punya rumah bakal ketakutan setengah mati. Kalo pun ada yang penasaran ngintip ke luar, maka yang terjadi adalah sesuai rencana, si kuntilanak bisa menampakkan wujud mereka ke orang-orang. Yes!
Terus, ada lagi kelebihan si kuntilanak, mereka bisa TERBANG! Iya, keahlian satu penting banget saat lo mau nakutin sekelompok manusia namun pada akhirnya yang mau ditakutin malah gak takut sama sekali. Biasanya kalo ada orang yang gak takut sama hantu begini dan kesel digangguin maka mereka bakal balik menyerang si hantu. Kalo jadi kuntilanak, saat mereka mau dikeroyok, mereka bisa dengan mudahnya melarikan diri dengan TERBANG! Pocong gak bisa kayak gini, kalo mereka dalam keadaan terjepit seperti bakal dikeroyok massa, mereka gak akan bisa kabur dengan cepet, kecepatan mereka kabur harus diimbangi dengan otot kaki yang kuat untuk melompat dengan cepat. Dan hasil paling buruk kalo pocong gak bisa kabur, mereka bakal dikeroyok dan berakhir di kantor polisi atau dibakar mati-mati kayak maling ayam. Bener deh, kesempatan menang pocong kalo dikeroyok adalah nol persen! Mau ngelawan kayak gimana kalo tangannya udah diiket gitu. Namun, biar begitu, pocong bisa jadi pilihan wujud bagi jin-jin yang suka tantangan dan bernyali besar.
Ada yang nanya sama gw, apa bedanya kuntilanak sama sundel bolong? Dan apa beda sundel bolong sama si bolang? Apa ada hubungan darah di antara mereka? Sebelum gw jawab pertanyaan yang pertama gw mesti klarifikasi dulu bahwa sundel bolong dan si bolang TIDAK ADA HUBUNGAN DARAH SAMA SEKALI. Walau sekilas mukanya terlihat mirip, mereka bukanlah ibu dan anak. Lalu apa bedanya sundel bolong dan kuntilanak? Jelas sekali terlihat jika dari belakang. Kedua hantu ini terlihat kembar identik dari depan tapi kalo diliat dari belakang lo akan tau Sundel bolong punggungnya bolong dan kuntilanak punggungnya panuan gak bolong.  Kenapa bisa mirip gini wujudnya? Menurut gw, bentuk dasar dari sundel bolong sendiri adalah  kuntil anak. Jin yang mau sundel bolong tinggal meniru bentuk kuntilanak terus tinggal bolongin punggungnya doank. Just that simple.
Yaah, apa pun mereka, yang pasti gw sendiri sebisa mungkin gak mau ngeliat yang begituan. Kalo mau ngeganggu, ganggu orang lain aja deh.  Bukannya gw penakut, tapi cuma gak mau kena resiko kaget aja. Gw gak kuat dikagetin, dikasih surprise party pas ulang tahun aja gw langsung anemia.  Serius, kayak yang udah gw bilang di atas tadi, gw kalo ketemu hantu gak bakal takut asal hantunya bilang dulu mau muncul depan gw, “baang, kami dari jin kecamatan sebelah mau nongol nih, jangan kaget yaa”, kalo mereka ngomong gitu pasti gw bisa siapin mental duluan. Masalahnya,  hantu sekarang udah makin gak ngerti tata krama, maen nongol aja. Kayak yang pernah adek gw alami, kejadiannnya lupa gw kapan. Yang pasti taun lalu deh. Jadi pas dia lagi duduk di kamar ngebaca majalah, tiba-tiba pas dia ngeliat ke samping udah ada sesosok cewek dengan gaun putih dengan rambut yang kayaknya belum pernah ketemu  dengan alat canggih bernama sisir. Spontan aja adek gw kabur keluar kamar. Dan akhirnya cuma satu harapan gw, jangan sampe gw ngeliat hantu yang begituan. Sekedar mengulang, gw bukannya penakut tapi gw gak kuat dikagetin.  Suer!

4 komentar:

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D