Rabu, 02 Mei 2012

Tes Mental (Sambungan yang dulu)


Postingan kali ini adalah sambungan dari postingan yang udah lama banget gw buat. Saking lamanya, gw sendiri sampe lupa kalo ada postingan gw yang ceritanya bersambung. Postingan yang dulu itu judulnya “Tes Mental-Mental”. Tema ceritanya adalah tentang tes uji nyali yang gw lakuin saat masuk PMR pas masih SD dulu. Ceritanya dibikin bersambung pas mau masuk ke tahap “Kebun Sekolah”.Yang penasaran sama cerita sebelumnya, silahkan klik tulisan yang warnanya berbeda ini. Sekedar informasi aja, dulunya gw ini masih berbadan atletis, belum segendut dan setampan sekarang. Jadi, sambil baca postingan ini bayangin aja seorang anak yang lugu, manis dan kurus sedang mencoba menaklukkan tes uji nyali demi menjadi seorang anggota PMR!

                Setelah insiden nyaris kebakaran akibat kesalahan kecil (atau malah gede?) yang gw buat di hutan belakang sekolah, gw melangkah maju ke arah sekolah, yang tern6yata baru gw sadar, sekolah malem hari itu seremnya ngalahin kost-nya si Julia Estelle di pilem kuntilanaks! Suer, walaupun sebelumnya gw udah dari sore nyampe sekolah dan sempat berada di dalamnya sampe tes uji nyali diadain tengah malem tadi, rasanya sekolah gw ini sejam yang lalu berasa begitu bersahabat tapi sekarang auranya udah mirip pemakaman massal gitu.

                Misalnya aja, Pohon di depan sekolah itu sebenernya kalo siang hari adalah pohon yang indah banget. Bunganya warna oranye , batangnya tegap dan bercabang banyak, banyak burung yang nongkrong sambil minum kopi di sana. Tapi pas tengah malem gini malah berubah jadi kayak pohon berbatang besar dan angker, bunganya jadi gak keliatan dan gw rasa yang nongkrong di atas pohon itu bukannya burung-burung lagi. Yaah, elo tau sendiri apa yang gw maksud kan? Atau cuma gw sendiri yang berpikiran kalo pohon besar malem-malem suka ada kuntilanaknya di atas pohon, nunggu ada mangsa yang lewat terus ditakutin sampe lari terkecepirit.

                Pokoknya pas gw masuk ke gerbang sekolah, gw gak berani liat itu pohon. Gw jalan sambil nunduk di tengah cahaya bulan yang seadanya. Di depan gerbang sekolah udah ada ada tiga orang  kakak kelas yang nunggu. Gw yakin mereka juga sebenernya takut, buktinya sampe tiga orang gitu. Huh, Kesel deh eke, beraninya rame-rame gitchu.. Pas gw nyampe, gw langsung dikasih tau rute perjalanan berikutnya : muterin kebun belakang sekolah sampe ujung gedung sono. Kira-kira peta perjalanannya begini:

Kira-kira seperti ini..

Nah, dimulai dari yang ada tulisan START sampe FINISH. Itu yang warna ijo-ijo bukan tai kebo yang berderet di belakang sekolah, ya.. itu pohon keliatan dari atas. Di Sekolah gw juga ada kolam ikannya, gw sering ngelemparin batu ke kolam kalo lagi iseng. Di bagian gedung sekolah yang sebelah kiri itu adalah kelas 3B, WC, Kelas 3A, Kelas 4A dan paling ujung adalah perpustakaan sama ruang computer. Bagian sebelah atas itu kantor guru, ruang TU,kelas 4B, kelas 5 dan di ujung ada kelas 6. Masih inget aja gw yang beginian.

                START! Gw jalan menyusuri bagian sebelah kiri (liat peta yang setengah mati udah gw gambar). Gw rada ciut juga. Bagian kebun sekolah edisi malem hari kayak gini adalah rute paling nyeremin! Sebelah kiri gw emang pohon semua, sebelah kanan adalah deretan kelas yang bisa aja ada yang nongol dari jendela. Buat anak SD jaman gw, pengalaman ini judulnya SEREM GILA!

Kampret!! Awas kalo gw udah jadi senior ntar, kalo ada anak baru yang mau gabung jadi anggota PMR, tes uji nyalinya bakal gw suruh ngamen di kuburan sekalian!!

                Gw jalan pelan-pelan dengan tatapan lurus ke depan. Dengan keadaan yang gelap gulita, jarak penglihatan gw cuma mampu ngeliat beberapa meter. Dulu gw belom rabun parah kayak sekarang, mata ini masih bersahabat dengan suasana remang-remang syahdu gini.

Nggak lama gw jalan, tiba-tiba aja dari kegelapan  muncul anak sebaya gw yang nangis  sambil ngusap-ngusap mata berjalan agak buru-buru berlawanan arah dengan gw. Gw kaget!

“Eh, kodok..eh kodok…” gw latah dalam hati

                Gw inget anak itu  pake jaket warna abu-abu. Gak keliatan mukanya siapa. Wajar Gw kaget , siapa yang nyangka dari gelap-gelap begitu bisa ada orang. Ironisnya, gw juga ngerasa seneng soalnya di kebun sekolah juga ada kakak-kakak kelas yang nakut-nakutin, dengan gitu gw gak bakal ngerasa sendiri di kebun sialan ini. Tanpa sadar gw ngeliat ke arah pepohonan, siapa tau aja ada kakak kelas gw yang lain di sana lagi gelantungan buat nakutin gw dan sedikit berharap kaki mereka digigitin semut pohon jambu terus turun sambil jerit-jerit kesakitan, di akhir skenario gw bakal ketawain “hahaha, mau jadi hantu kok kalah sama semut..buat anak kok coba-coba”. Tapi sejauh mata memandang, di pohon-pohon itu gak ada gerakan mencurigakan. Gw lanjutin jalan sampe ketemu belokan pertama (liat peta lagi sonoh)

                Gw terdiam di deket kolam ikan yang sering gw lemparin batu. Di jalan yang lurus ini agak berbeda dengan jalan sebelumnya. Jalannya lebih panjang, suasananya agak terang dan satu yang gw sadari, jalan ini SEPI BANGET!! Gw ngeliat dari posisi gw, bagian ujung sekolah emang keliatan lumayan jelas, dan jelas juga gak ada orang di jalur ini. Baru kali ini gw ngerasa beneran takut. Kaki gw udah gemeteran. Sempet kepikir mau melambaikan tangan ke arah kamera tanda nyerah biar kru uji nyali ngasih pertolongan langsung ke gw. Tapi sayang ini bukan acara TV tengah malam. Gw dilema. Mau kabur balik ke depan sekolah entar diketawain sama kakak kelas dan temen gw yang lain. Bisa-bisa jatoh harga diri gw yang gak seberapa itu. DAMN! Gw berusaha baca ayat kursi. Pelan-pelan gw baca, gw cuma bisa inget pertamanya doang!

AAAAARGHHHHH!!!! GW MALAH KEBELET KENCING SEGALA!!! 

Add caption
Iye, serem banget..

                Gw berpikir keras apa lagi ayat yang gw apal. Di tengah kebisuan malam, otak gw bener-bener blank ditambah dengan muatan kandung kemih yang tiba-tiba mau tumpah di saat yang gak tepat gini. Gw akuin, ini jauh kebih horor ketimbang nonton Silent Hill sendirian jam 2 malem. Dan akhirnya.. akhirnya gw mutusin buat berlari di tengah kegelapan dan kengerian sekolah..sambil nyanyi lagu Stinky yang lagi popular saat itu. Yeah, “Mungkinkah” versi Uji Nyali.

Kita kan selalu bersamaaa..


                Stingky mulai populer saat debut dengan lagu bertajuk “Mungkinkah” di era 90an. Vokalisnya, Andre, saat itu dikenal sebagai vokalis yang ganteng dan bersuara merdu. Hampir di setiap rumah memiliki kaset Stinky. Gw juga dulu suka sama lagu ini. Gw inget banget waktu di kelas kesenian dan disuruh nyanyi satu-satu ke depan oleh guru gw, gw dengan lantang nyanyiin lagu ini. Gile, syahdu banget!

                Tapi malem itu versi “Mungkinkah” agak berbeda karena gw nyanyinya sambil lari dan gemeteran. “Mu-mu-mungkinkaa~~~hh..kita kaaaan selalu bersaaamaaa~~~..”. Gw gak peduli sama sekeliling gw. Mau ada setan kek, pocong, kuntilanak, kakak kelas yang ngeliat tingkah gw terus diketawain, atau malah personel band Stinky yang marah-marah gara-gara lagunya gw ancurin malem itu, GW GAK PEDULI!!

                Dengan berbekal Reff lagu jadul itu, gw selamat sampe tujuan dan  Gabung sama temen-temen gw di pos terakhir. Di pos ini kami dikasih perintah buat ngambil sebatang lilin di toilet sekolah. Lumayan serem sih, gw sampe nendang-nendang pintu toilet satu-satu, takut ada yang ngagetin gw. Setelah ngambil lilin dan nyalain, gw pipis dulu baru keluar dari toilet.  Oiya, pembimbing PMR gw sengaja naro lilinnya di kamar mandi soalnya saat itu lagi hot-hotnya setan bernama Mister Gepeng. Elo semua pernah denger isu Mr. Gepeng gak? Kalo pernah, share di kotak komen yaa..

.UJI NYALI SELESAI.

NB: pas selesai uji nyali, gw salaman sama semua kakak-kakak yang turut “mensukseskan” acara uji nyali. Gw juga minta maap sama kakak yang hampir gw bakar di hutan belakang sekolah. Gw juga nyari kakak berjaket abu-abu yang nangis di kebun sekolah. Tapi gak ketemu. Gw Tanya sama kakak yang lain, katanya gak ada kakak kelas yang pake jaket abu-abu, semua senior diwajibkan pake kaos seragam PMR. Gw baru sadar kalo semua kakak kelas emang pake kaos PMR. Setelah denger penjelasan gw, kakak itu (yang gw lupa namanya) bilang “hah? Di kebun sekolah? Kami gak ada yang jaga di kebun kok..pada gak berani..”. Nah loh, jadi yang gw liat siapa???

 Suka sama cerita ini? follow @sukagelo & kunjungi Fanpage-nya di FB ya, klik aja di sini.. :)

3 komentar:

  1. wah serem berarti, siapa yang di kebun sekolah dan pake jaket abu abu? .... wah mana sedirian aku di kamar lagi, nyesel baca cerita ini. ahhaha.

    BalasHapus
  2. hahaha..gak tau juga gan..
    masih kebayang momennya ni..
    *merinding

    BalasHapus
  3. malam gan.. met beraktivitas..
    makasih dah berkunjung di blog saya

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D