Senin, 10 Oktober 2011

Tes Mental-Mental


                Siapa yang gak kenal kata “Pramuka”? pasti pada tau kan? Kalo belom tau silahkan kenalan dulu, kalo udah kenal silahkan baca lagi. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Dari tiga gabungan kata tadi, gw cuma tau arti kata “muda” yang artinya “belom tua”, sedangkan “Praja” dan “Karana” gw gak tau apa artinya. Biarlah, karena kali ini gw bukan mau cerita masalah Pramuka tapi gw akan nulis tentang PMR!

                Pas SD dulu, gw getol banget ikut PMR. Emang sih, ada pramuka juga, tapi dibandingin sama PMR, kegiatan Pramuka saat gw masih SD cuma upacara Jumat sore aja. Sejujurnya, itu ngebosenin banget. Kenapa gak ditambahin sama konser dangdutan aja biar rame? Atau main sepak takraw di lapangan? Yaa, walaupun gw gak bisa mainnya, paling nggak gw bisa nyorakin yang kalah.

                Dan yang bikin males, upacara Pramuka ini diwajibkan buat semua siswa. Dateng ke sekolah sore-sore dengan seragam lengkap pramuka, upacara, pulang. Gak ada asik-asiknya. Satu-satunya momen yang gw tunggu-tunggu saat upacara Jumat sore cuma pas adek kelas gw salah gerakan pas ngibarin bendera upacara. Sebagai patriot negara, nilai gw pasti jeblok.

                Tapi, ada pengecualian. Ada beberapa siswa yang dibolehin untuk gak ikut upacara jumat sore, yaitu siswa yang gabung di PMR! Jadi tiap upacara sore, gw selalu liat ada anak PMR yang lagi latian. Latian bikin tandu, bikin tenda, ngangkat mayat(?),belajar tentang medis, yaah pokoknya gak ngebosenin. Jadi pas kelas 4, gw gabung ke PMR. Sayonara panas Pramuka!!

                Sebelumnya gw akan perkenalkan dulu apa itu PMR. PMR adalah Palang Merah Remaja. “Palang” artinya dua garis yang membentuk tanda plus “+”, “Merah” artinya “merah” dan “remaja” artinya “belum dewasa”. Jadi kalo digabungin, PMR adalah “tanda plus merah yang belum dewasa”.

Lho?

                Kok jadinya ngaco gini ya? Yah, intinya PMR adalah satuan unit yang dibentuk di bawah koordinasi PMI yang beranggotakan anak remaja. Semoga kalian tau apa itu PMI. 

plus merah di dalam bunga

                Untuk masuk PMR sebenernya gampang-gampang-mudah. Cuma ngisi formulir sama ngikutin malam tes mental. Abis itu, baru resmi jadi anggota PMR. Jadi anggota PMR di SD gw adalah hal yang paling ngebanggain, soalnya tiap taun pas ulang tahun PMI kan diadain lomba PMR dan sekolah gw selalu jadi juara umum. Ngasih piala ke sekolah merupakan keinginan gw. Walau sebagai patriot negara gw bisa gagal total, tapi sebagai siswa, gw adalah murid yang didambakan semua kepala sekolah.

                Setelah ngisi formulir yang disediain guru gw yang merangkap sebagai pembina PMR d, yang alhamdulillah gw masih inget namanya, Pak Rahmat. Gw disuruh ngumpul di sekolah hari Sabtu buat PERSAMI. PERSAMI bukan singkatan dari Persatuan Suami Minder, tapi Perkemahan Sabtu Minggu, di sini nanti kami, para anggota baru bakal dikasih tes mental.

                Sabtu siang, sepulang sekolah, gw sama temen-temen anggota yang lain udah mulai priper (baca : prepare) persiapan buat kemah yang akan dimulai nanti sore. Temen gw bilang dia udah nyiapin baju 8 stel : baju PMR, baju olah raga, baju buat tidur, baju buat bangun tidur, baju buat sarapan, baju buat upacara, baju yang belom dicuci sama baju tetangganya yang gak sengaja kebawa. Mungkin dia kira PERSAMI itu adalah rekreasi di pinggir pantai. Gw sendiri gak bawa banyak baju, gw lebih konsen ke makanan. Gw udah bawa indomie, beras, chitato ukuran karung, permen 1 bungkus gede, akua, eskrim, rendang sama lontong. Saat itu gw masih berpikir kalo PERSAMI itu adalah ajang wisata kuliner.
                Pas sorenya gw dateng ke sekolah, gw disuruh nyari tenda yang masih kosong buat naro barang bawaan. Setelah dapet kemah yang kosong, kami semua dikumpulin di tengah lapangan buat dikasih pengarahan buat tes mental nanti malem. Ada barang yang mesti dikumpulin, yaitu satu batang lilin. Lilin ini nantinya akan disimpen di WC sekolah paling dalem yang gelap banget dan masing-masing anak baru harus ngambil sebiji pas tengah malem. Kalo gak berani, dinyatakan gugur dan kembali ke barisan Pramuka. Sudah dipastikan dia akan mengikuti upacara Jumat sore sampai lulus SD.
                Jam 11 malam. Semua anggota baru dikumpulin lagi, kami digiring sama kakak kelas sampai ke pinggir pantai buat ngejalanin tes mental. Pantai yang namanya Kelapa Tujuh ini berjarak sekitar 2000 meter kalo jalan kaki dari sekolah, kalo naek motor jaraknya jadi 2 kilometer. Ada sekitar 30 murid baru yang ikut tes mental malem itu, semuanya sudah dilengkapi amunisi sekotak korek api yang masih belom dikasih tau gunanya buat apa.
                Jadi aturannya gini, satu persatu murid disuruh jalan dari ujung pantai ini menuju sekolah melalui rute yang sudah dijelasin tadi sore.
Pantai > pekarangan mesjid > tebing belakang sekolah > muterin kebun sekolah > musala > halaman TK > final stage a.k.a  WC SEKOLAH!
                Yang pertama dikirim ke medan pertempuran adalah si Adi, temen sekelas gw. Sebelum mulai jalan, Adi menoleh ke barisan anak baru.
                “Doain aku ya, teman-teman”
                Kami semua mengangguk. Semoga aja tes mental ini gak memakan korban nyawa.
                Udah 5 menit Adi ninggalin kami, orang kedua dipanggil. 5 menit kemudian, orang ketiga..ke empat, kelima..sampai akhirnya giliran gw kena.
                “Udah bawa korek apinya kan? Sekarang jalan ke sekolah dengan ngelewatin rute yang udah kakak kasih ya..” kakak itu natap gw dengan kasian. Mungkin dia tau gimana perasaan kami secara dia dulu juga pasti pernah diginiin.


“Baik, kak.. sampai jumpa di sekolah..” Gw mulai jalan.
                Sebenernya Pantai Kelapa Tujuh itu pantainya indah banget, banyak pohon-pohon, pasirnya putih, ombaknya tenang menghanyutkan. Tapi malam itu, gw gak bisa liat ombak pantai karena saking gelapnya. Gw malah gak berani liat pohon, takut ada setan kurang kerjaan yang nyangkut di sana. Amat tidak lucu jika gw pingsan di tengah jalan gara-gara ngeliat setan.
                Pas gw udah mau sampe mesjid, gw ngeliat ada bayangan di balik pohon. Gw bisa tau dari jaket yang dipake kalo yang ngumpet itu senior gw di PMR.
                Oh, jadi mereka ditugasin nakut-nakutin anak baru..ehehehe..gw kagetin duluan ahh..
                Gw ngendap-ngendap tanpa suara, gw tau si kakak belom sadar sama kehadiran gw. Keahlian gw ngendap-ngendap emang mengagumkan, terkadang gw kepikiran untuk jadi maling jemuran aja kalo nanti gak ada kerjaan abis lulus kuliah. Dan....
DORRR!!
                Kakak kelas gw kaget, kencingnya muncrat ke mana-mana. Hah?
                “WOIII!!! NGAPAIN LO GANGGU GW LAGI KENCING??
                Gw langsung ngibrit ke arah mesjid. Rupanya tu orang bukan ngumpet, tapi lagi kencing. Malu pisan. Gw berharap si kakak gak kenal sama wajah gw, takut dikencingin kalo ketemu di sekolah nanti.
Ya Allah, ampuni hamba-Mu ini yang sudah mengganggu ketentraman kakak kelasku dan burungnya.
Pas lari lewat pagar mesjid, gantian gw dikagetin sama senior yang laen. Gak kaget sih gw, cuma agak sedikit lumayan terkejut. Yaa, anggep aja kualat ganggu orang kencing tadi. Gw lanjutin perjalanan menuju sekolah lewat tebing belakang sekolah.
                Tebing belakang sekolah gw itu gak tinggi-tinggi amat, palingan sekitar 5-6 meter. Tempatnya tertutup sama pohon-pohon. Di seberang tebing ada kayak kolam yang udah gak kepake dipagerin sama kawat yang udah ditumbuhin sama tanaman liar. Di antara tebing sama pagar itu ada jalan selebar 3 meter 54 senti 3 mili yang tertutup sama daun-daun kering yang gugur dari pohon di atas tebing. Jalan ini biasanya dilewatin penduduk sekitar komplek kalo siang hari. Malem hari? Tukang ronda aja ogah lewat situ. Kabarnya di situ angker banget, temen gw ngaku-ngaku pernah liat kuntilanak di sana. Pengalaman gw sendiri yang paling horor di tebing belakang sekolah yaitu pas ngeliat ada sepasang muda-mudi lagi cipokan! Bagi gw yang masih SD, cipokan itu horor banget! Apa asiknya sih mulut kita sendiri dilengketin ke mulut orang lain sambil grepe-grepe? Namun seiring pertumbuhan, pendapat gw berubah.
Ehem, sampai di mana kita tadi?
                Sekitar lima puluh meter tiga belas senti dari dari tebing, ada dua orang senior yang berdiri nungguin anak baru lewat. Mereka punya tugas mulia sebagai penyampai pesan. Pesan mereka ke anak baru yang lewat adalah :
“kalo lewat tebing, jangan lupa permisi sama yang tinggal disitu ya”
                “Oke, kakak..” gw udah pasrah aja mau diapain.
                Gw lanjut jalan lagi. Suasana malam di komplek sekitaran SD gw biasanya rame sama orang lewat, tapi masalahnya sekarang udah hampir jam setengah satu. Jam segini tandanya setan udah boleh keluar rumah dan yang merasa manusia udah saatnya masuk rumah.  Gw sebenernya keder juga disuruh lewat situ, tapi mau balik juga gak bisa. Sempet kepikir buat balik ke jalan raya dan nyetop angkot yang lewat di sana, tapi apa jadinya kalo gw diculik dan diperkosa sama supir angkot? Dan akhirnya selama udah 5 tahun gw gak pernah mikir pake otak, malam itu gw mulai mencoba menggunakannya kembali.
                Hmm, ini kan tes mental dari pihak sekolah, jadi semua resiko udah pasti pihak sekolah yang nanggung. Melihat perjalanan di belakang, gw yakin pasti di tiap tempat angker ada senior-senior yang ngejaga (baca: nakutin) gw. Hihihihihi...pasti kayak gitu kan? Jadi ngapain mesti takut?
                Sekarang gw jadi lebih berani dan ganteng dari sebelumnya. Gw jalan masuk ke daerah tebing dan emank bener sodara-sodara! Tebing sekolah gelapnya bukan main. bukan main tapi emang gelap. Mana ada gelap yang main-main? Satu-satunya cahaya yang ada cuma lampu dari arah kolam dan itu gak cukup buat nerangin jalan ke depan. Gw jalan pelan-pelan. Gak ada suara apa-apa selain suara daun kering yang gw injek sama suara jangkrik. Walau udah tau pasti ada senior di sekitar situ, bulu kuduk gw tetep berdiri. Dan tiba-tiba di tengah kegelapan, gw ngedenger suara orang..
                “rrrhhhhh...” suaranya kayak setan di pilem horor. Mendesah manja serem gitu.
                Gw berhenti jalan. Gw menatap ke arah tebing...
                Daaaaan.....
                .....
                .... jreng-jreng!
                *iklan rinso teuku wisnu*
                ....
....
Gw berhenti jalan. Gw menatap ke arah tebing...
                Daaaaan.....
                ..gw gak bisa liat apa-apa. Gelap sih. Tapi rasa penasaran gw makin gede karena suaranya muncul lagi. Dan makin banyak! Gw mulai takut. Dengan spontan, gw nyalain sebatang korek api dan gw lempar ke arah kegelapan.
                Korek api jatoh di atas daun-daun kering. Cahayanya makin kecil tapi tiba-tiba malah jadi makin gede. Seandainya dibiarin lebih lama, pasti di koran besok pagi bakal ada berita kebakaran hutan di deket SD gw. Tapi Tuhan berkehendak lain, dari arah kegelpan muncul tiga sosok misterius yang berkata :
                “GOBLOOOOK!!! Ngapain lo lempar korek api, begooo?”
                Rupanya ada senior-senior PMR disitu. Mereka langsung matiin api. Gw yang sadar dengan keadaan yang baru saja tercipta oleh kejeniusan spontan gw, kabur lagi ke rute berikutnya : Kebun Binatang Sekolah.
                Bersambung...biar keren

5 komentar:

  1. nostalgila.com

    xixixiixixixixixixixixiix.

    dasar 3G!
    ngak upgrade jadi 4G kan!

    BalasHapus
  2. hahaha..iya nu..
    cerita lama tapi masih asik kalo diinget..

    Untuk sementara belom di upgrade jadi 4G, saya masih Gendut..
    ;P

    BalasHapus
  3. terimakasih atas informasinya
    ditunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  4. terimakasih atas informasinya
    di tunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  5. begitu bagus info yang di berikan
    semangat terus gan

    BalasHapus

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D