Kamis, 06 Oktober 2011

Balada Pekerjaan Rumah


Mumpung hari ini gw lagi mood nulis, jadi hari ini gw bakal nulis satu posting lagi setelah nulis masalah ganti nama blog. Ngomong-ngomong, kenapa artikel di blog disebut posting? kan gw gak ngirim pake pos?.

Sebelumnya seperti biasa, gw mau curhat dulu. Jadi, Jumat yang lalu, gw masuk kuliah tentang bahasa pemrograman Fortran. Sumpah, “Fortran” itu nama software bukan nama obat sakit kepala apalagi obat nyeri haid. Nah, di minggu sebelumnya dosen gw ngasih tugas yaitu ngebuat suatu program sederhana yang mesti dikumpul lewat email. Kali ini, demi Tuhan, gw buat tugasnya sendiri gak pake nyontek punya temen atau ngebuat asal-asalan. Dan gw ngumpulin 3 hari lebih cepat dari deadline. Bangga banget gw, ini adalah salah satu prestasi terbaik gw selain predikat gw sebagai mahasiswa yang selalu paling cepet dateng ke kampus.

Jadi pas minggu depannya masuk kelas lagi, dosen gw bilang “Maaf ya, tugas kalian belum semuanya saya periksa, baru satu orang yang saya periksa”

Dalam hati gw berkata itu pasti punya gw!!

“dan kebetulan sekali, yang saya periksa itu akan saya bahas kali ini sebagai contoh yang paling buruk” lanjut dosen gw.

Dalam hati gw berkata semoga bukan punya gw!!

Dan pas saat laptop sang dosen tersambung dengan in-focus, terlihatlah tampilan di layar slide ada sebuah window sebuah halaman fortran yang gw tau kalo itu adalah tugas yang diberikan minggu lalu. Dan gw juga tau kalo itu adalah TUGAS GW!. Sialan! Maluuuu banget! Rasanya kayak ditelanjangin di tengah kota terus di arak dan dilemparin botol kecap! Tau gini gw nyontek aja..sejak saat itu gw bersumpah untuk selanjutnya gak akan buat tugas sendiri lagi.

Ok, segitu dulu intermezzo-nya, sekarang kita masuk ke obrolan yang sebenernya. Kali ini gw mau  cerita tentang masa SD gw dulu, gw sebenernya termasuk dalam daftar murid dengan predikat istimewa. Ganteng, baik, pinter, rajin sholat, mukanya bersih (gak kayak sekarang, muka gw udah penuh dengan sampah), , dan yang paling penting gw selalu pake topi pas upacara bendera.

Jadi gw sebagai murid yang baik, kalo ada guru yang ngasih PR, gw selalu buat PRnya dan kalo sang guru gak ngasih PR, gw selalu minta dikasih PR. Gak ada yang bisa menandingi kerajinan gw saat itu.
Oiya, sebagai informasi, gw kasih tau sama lo semua kalo gw adalah manusia biasa, bukan manusia super ataupun gajah. Kenapa gitu? Karena gw bisa lupa juga. Kenapa gajah? Karena gw pernah denger kalo gajah punya ingatan yang sangat bagus. Silahkan googling.

Daaaaan, pas kelas lima, untuk pertama kalinya gw dianugerahi piala Oscar lupa bikin PR!!. Jadi ceritanya, gw dikasih PR matematika di hari sebelumnya dan malemnya gw keasikan nonton sinetron Tersanjung sampe lupa buat PR. Pas besoknya, gw baru inget pas mau diperiksa. Keringet dingin keluar, seumur-umur gw sekolah (dari TK sampe SD), gw gak pernah bolos ngerjain PR!

kucing gw ngerjain pr kalkulus

Untungnya, di kelas gw yang periksa PR adalah muridnya sendiri. Jadi, tiap satu meja ada dua murid, dan dua murid itu harus saling tukar PR dan memeriksa PR temen sebangkunya. Temen sebangku gw saat itu adalah cewek, namanya Fanny (bukan nama samaran), temen baik gw sampe sekarang. Gw pikir Fanny pasti bisa tutup rahasia kalo gw sebenernya gak bikin PR.

“eh, PR lo mana?” tanya Fanny ke gw.

“Waduh, lupa bikin gw..” gw cengengesan. Padahal jantung gw dah deg-degan banget, takut ketauan kalo gw belom bikin PR dan rencana gw selanjutnya adalah mau ngebuat PR saat guru gw ngumumin jawabannya. Ide gw emang brilian, jadi gw bisa ngisi di buku PR gw dengan jawaban yang bener semua.

“jadi gimana nih? Gw tukeran buku PR-nya sama siapa?” Fanny ikutan panik.

“tenang, lo periksa sendiri aja. Gw mau nyalin jawaban dari ibu guru. Lo diem aja ya, jangan bilang siapa-siapa” gw belagak jadi murid bandel.

Dan guru gw mulai ngebacain jawaban. Semua murid ngedengerin sambil meriksa PR bunya temen sebangku masing-masing. Gw nyalin jawaban ibu guru, karena itu soal matematika, gw tinggal ngisi angka-angka aja. Ini merupakan pengalaman pertama gw berbuat jahat sebagai murid. Tangan gw gemeteran, deg-degan, dan walau gak ngeliat cermin, gw tau kalo muka gw pasti pucet banget. Semua yang pertama kali nyontek pasti pernah ngerasain gejala di atas, setelah gw cari di google gejala tersebut namanya sindrom nyontek-gak-nyontek-yang-penting-ngumpul.

Gw udah nyalin semua jawaban yang disebutin sama guru gw tadi, sebagai rasa bersalah, gw sengaja nyalahin jawaban gw sebanyak dua nomor. Delapan puluh, lumayan lah daripada ketauan gak bikin PR. Pas guru gw ngabsen sekalian tanyain nilai PR, gw dengan lantang ngejawab “DELAPAN PULUH, BU!!”

Dan gw lupa..

Gw lupa kalo pas SD, mencontek dan hal sejenisnya itu adalah HARAM hukumnya. Beda pas kuliah, nyalin tugas atau buat tugas pas kuliah itu udah jadi budaya. Pas jam istirahat, Fanny dengan baik hati ngelaporin ke guru gw kalo gw sebenernya gak bikin PR. Lagi asik-asiknya gw ngemut chitato (gaya makan chitato gw kayak gitu, gaya lo gimana?), tiba-tiba ada murid kelas gw, lupa gw siapa, manggil dan bilang kalo gw dipanggil ke kantor guru.

Hati gw cenat-cenut. Bukan, bukan karena ada kamu tapi karena gw ngerasa ada yang gak beres dan gw tau pasti ini soal PR. Dan bener aja, pas gw sampe kantor guru, gw langsung dimarahin sama guru gw, maluuuuuuuu banget! Padahal gw nyalin PR di kelas biar gak malu sama temen-temen gw yang lain, tapi sekarang gw gak tanggung-tanggung dibuat malu di depan guru-guru satu sekolah. Citra gw sebagai murid teladan retak-retak, muka gw yang tampan berubah jadi pucet kayak pocong kena santet.

Guru gw bilang, “kalo kamu gak bikin PR, bilang aja jujur ke ibu. Ibu gak akan semarah ini kalo kamu jujur di kelas tadi. Ibu pengen semua murid ibu itu jadi murid yang jujur, Cuma itu..”

Tanpa sadar gw nangis. Gw baru sadar kalo gw emang bener-bener salah. Setelah gw minta maaf sama guru gw, gw pamit undur dulu, sampai jumpa minggu depan di waktu yang sama keluar kantor guru dan berjanji sama diri gw sendiri kalo gw gak bakal ngelakuin hal bodoh kayak gitu lagi, kecuali kepepet.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayuuuk, komen di sini..
gak pake bayar lohh,
hehehe..
Yang gak punya akun google, bisa komen juga kok. Pilih aja yang Name/URL, masukin nama sama komennya..
NO SARA PLEASE..
Sebisa mungkin hindari komen tanpa nama alias anonim, Ayo donk, jangan lempar komen sembunyi nama.. :D